digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di era kompetisi yang semakin ketat di Industri Geospasial Survey seperti saat ini, PT. Explora Prima menyadari bahwa diperlukan pendekatan yang lebih tepat dalam melaksanakan pengembangan perusahaan (Business Development). PT. Explora Prima saat ini sedang melaksanakan pengembangan business dengan mensinkronkan antara kebutuhan/tuntutan perubahan lingkungan bisnis dengan menyiapkan kapabilitas dan kapasitas internal. Thesis ini disusun untuk menjawab tantangan di atas, dengan melakukan 2 pendekatan utama, yaitu: 1. Analisis kondisi lingkungan bisnis, dengan menggunakan metoda PESTLE (Analisis kondisi Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Legal dan Environmental). 2. Analisis penyiapan kapabilitas dan kapasitas internal, dengan menggunakan Congruence Model (Analisis kondisi dari komponen-komponen karyawan, pekerjaan, struktur organisasi dan budaya perusahaan); dan menggunakan Knowledge Management Framework (Membangun Organisasi Pembelajar dan melaksanakan Proses-proses KM: Identifikasi (map) Pengetahuan kritis yang dibutuhkan – Menciptakan (create) Pengetahuan yang dibutuhkan - Mendistribusikan (distribute) Pengetahuan kepada unit-unit yang membutuhkan - Menyimpan dan Menggunakan pengetahuan sebagai asset utama perusahaan). 3. Berdasarkan dua analisis di atas, kemudian disusun Strategi Bisnis untuk mendukung perusahaan mampu operasional secara berkelanjutan dan sekaligus mampu tumbuh sesuai dengan kondisi bisnis perusahaan. PT. Explora Prima menggunakan metode-metode tersebut untuk melakukan perubahan pengelolaan internal perusahaan untuk mendapatkan solusi terbaik dalam meningkatkan performance perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat.