Di era kompetisi yang semakin ketat di Industri Geospasial Survey seperti saat ini, PT.
Explora Prima menyadari bahwa diperlukan pendekatan yang lebih tepat dalam
melaksanakan pengembangan perusahaan (Business Development). PT. Explora Prima
saat ini sedang melaksanakan pengembangan business dengan mensinkronkan antara
kebutuhan/tuntutan perubahan lingkungan bisnis dengan menyiapkan kapabilitas dan
kapasitas internal. Thesis ini disusun untuk menjawab tantangan di atas, dengan
melakukan 2 pendekatan utama, yaitu:
1. Analisis kondisi lingkungan bisnis, dengan menggunakan metoda PESTLE
(Analisis kondisi Politik, Ekonomi, Sosial, Teknologi, Legal dan Environmental).
2. Analisis penyiapan kapabilitas dan kapasitas internal, dengan menggunakan
Congruence Model (Analisis kondisi dari komponen-komponen karyawan,
pekerjaan, struktur organisasi dan budaya perusahaan); dan menggunakan
Knowledge Management Framework (Membangun Organisasi Pembelajar dan
melaksanakan Proses-proses KM: Identifikasi (map) Pengetahuan kritis yang
dibutuhkan – Menciptakan (create) Pengetahuan yang dibutuhkan -
Mendistribusikan (distribute) Pengetahuan kepada unit-unit yang membutuhkan -
Menyimpan dan Menggunakan pengetahuan sebagai asset utama perusahaan).
3. Berdasarkan dua analisis di atas, kemudian disusun Strategi Bisnis untuk
mendukung perusahaan mampu operasional secara berkelanjutan dan sekaligus
mampu tumbuh sesuai dengan kondisi bisnis perusahaan. PT. Explora Prima menggunakan metode-metode tersebut untuk melakukan perubahan
pengelolaan internal perusahaan untuk mendapatkan solusi terbaik dalam meningkatkan
performance perusahaan di tengah persaingan yang semakin ketat.