digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

13516141 Ilham Wahabi.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Layanan laundry merupakan layanan yang hadir untuk membantu manusia melakukan salah satu rutinitasnya yaitu mencuci pakaian. Pada awalnya kita harus melakukan antar jemput cucian ini secara langsung. Namun dengan perkembangan teknologi, aktivitas laundry telah dapat dilakukan secara online. Tentunya ada masalah yang dihadapi, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal itu telah dilakukan wawancara dan telah didapatkan berbagai permasalahan yang didapati pengguna dalam menggunakan layanan laundry. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini, dikembangkan desain interaksi dan antarmuka yang tepat untuk aplikasi laundry antar jemput dengan mempertimbangkan segala kekurangan dan kelebihan yang dapat ditemukan pada perangkat lunak terkait yang sudah ada. Metode yang akan digunakan adalah user-centered design yang berfokus pada tujuan dan kebutuhan dari pengguna dalam menggunakan perangkat lunak. Tujuan utama yang hendak dicapai dari tugas akhir ini adalah menghasilkan desain interaksi pada aplikasi laundry antar jemput yang sesuai dengan usability goal dan user experience. Usability goal dan user experience yang digunakan adalah efficient to use, effective to use, easy to learn, easy to use, helpful, dan satifsying. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah high fidelity pada platform Android yang dikembangkan dengan menggunakan Flutter. Proses pengembangan prototipe juga disertai dengan pengujian kegunaan terhadap prototipe untuk mengetahui rancangan interaksi yang dibuat telah sesuai dengan tujuan dan kebutuhan dari pengguna. Selain itu pengujian juga dilakukan untuk mengetahui apakah seluruh usability goal dan user experience telah tercapai. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan interaksi pada perangkat lunak cukup baik. Hal ini dikarenakan tingkat keberhasilan mengerjakan task yang tinggi dan terdapat beberapa nilai usability goal dan user experience yang telah tercapai.