2023 TS PP KINANTI KAWURYAN DARMASTUTI 1.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos 2023 TS PP KINANTI KAWURYAN DARMASTUTI 2.pdf
PUBLIC Noor Pujiati.,S.Sos
Jalinan ekonomi dan budaya dunia telah berkembang dan berubah pesat sejak awal globalisasi
masif pada tahun 1820, sekitar 100 tahun sebelum kurikulum Bauhaus, sebagai standar patokan
pendidikan desain internasional, pertama kali diperkenalkan. Seiring munculnya proses
percepatan globalisasi yang disebut hiper-globalisasi serta gelombang iterasi revolusi ke-4,
desain mengalami banyak pergeseran akibat permasalahan dan tantangan yang semakin
kompleks. Sementara itu, pendidikan desain saat ini masih dipengaruhi oleh model pembelajaran
Bauhaus yang diluncurkan untuk mengakomodasi revolusi industri pertama. Studi ini memberi
alternatif model konseptual untuk mengevaluasi relevansi pendidikan desain pada era
hiperglobalisasi dengan tujuan untuk membentuk pemahaman yang mendalam dari keseluruhan
sistem pendidikan desain serta tantangan-tantangan yang akan dihadapi pada era hiperglobalisasi.
Pada studi ini, penulis beragumen bahwa timeliness of knowledge merupakan sebagai indikator
penting untuk mengevaluasi relevansi pendidikan desain dengan kebutuhan industri di era
hiperglobalisasi. Sehingga, relevansi sistem pendidikan desain dapat dievaluasi dengan seberapa
timely atau tepat waktu knowledge atau pengetahuan yang dimiliki lulusan desain dengan
keadaan perkembangan ekonomi, teknologi, dan komunikasi pada zamannya. Semakin
terbaharui knowledge yang dimiliki lulusan desain, maka semakin efektif penerapannya dalam
dunia industri.