digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219095 Justin Dermawan Ikhsan.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam era transformasi digital saat ini, pemerintahan menjadi salah satu entitas yang mengadopsi perubahan tersebut. Namun, implementasi transformasi digital yang kurang baik telah menyebabkan banyaknya aplikasi yang terpisah-pisah sehingga masyarakat kesulitan dalam mencari informasi publik. Kota Semarang merupakan salah satu contoh kasus dengan lebih dari 300 aplikasi publik yang ada. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah platform yang dapat memudahkan akses masyarakat terhadap layanan dan informasi publik dalam satu tempat. Dalam merancang platform ini, diperlukan desain interaksi yang baik agar platform yang dirancang dapat digunakan dengan baik oleh pengguna. Dilakukan analisis menggunakan metode 10 Usability Heuristics dan wawancara pengguna untuk mengetahui permasalahan pada interaksi platform saat ini. Proses merancang solusi untuk meningkatkan usability pada platform dilakukan pendekatan User-Centered Design (UCD) yang didasarkan pada standar ISO 9241-210:2019. UCD merupakan pendekatan desain iteratif yang dimulai dari pemahaman konteks penggunaan, menentukan kebutuhan pengguna, merancang solusi, hingga mengevaluasi desain interaksi. Dilakukan iterasi sebanyak dua kali pada tahap perancangan solusi dan evaluasi desain interaksi. Berhasil dirancang solusi desain interaksi berupa prototipe desain interaktif pada perangkat mobile yang memenuhi berbagai aspek usability dan user experience (UX) goals. Prototipe ini dirancang menggunakan kakas aplikasi Figma. Dilakukan evaluasi akhir dengan metode usability testing kepada 20 orang pengguna. Solusi yang dirancang telah berhasil meningkatkan usability melalui nilai SUS sebesar 10,875 dibandingkan dengan solusi saat ini. Rincian ketercapaian usability dan UX goals seperti aspek efektivitas (effectiviness) dengan tingkat keberhasilan task mencapai 84,57%, aspek mudah dipelajari (learnability) tercapai dengan nilai rata-rata Single Ease Question (SEQ) sebesar 5,88, aspek kegunaan (utility) tercapai dengan nilai System Usability Scale (SUS) sebesar 77,75, dan aspek membantu (helpful) tercapai dengan nilai Intrinsic Motivation Inventory (IMI) pada subskala value/usefulness sebesar 6,85. Dengan demikian, solusi yang dirancang telah mencapai usability dan UX goals yang ditetapkan.