2023_TS_PP_Karin Winda Lestari_1-Abstrakcs.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman Karin Winda Lestari_29121390_Full Thesis (1).pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman
Undang-Undang Republik Indonesia No. 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah
menyatakan bahwa pengelolaan sampah perlu dilakukan secara menyeluruh dan terpadu
dari hulu hingga hilir agar dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian,
kesehatan masyarakat, dan lingkungan. Sampah sudah menjadi isu besar dalam skala
nasional, belum ada aturan dan pedoman yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk memberikan SOP dalam ekonomi sirkular dengan perspektif ilmu layanan sebagai
strategi pertumbuhan NYAMPIH, start-up pengelolaan logistik limbah. Objek penelitian
adalah usaha makanan dan minuman yang ada di kota Bandung seperti kedai kopi,
restoran dan hotel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengamati
dan juga mewawancarai total 8 responden yang memiliki jabatan manager dan divisi
kebersihan usaha. Data primer yang digunakan adalah operasional NYAMPIH dengan
dokumen perusahaan dan literature review serta ringkasan dan pemikiran dari berbagai
sumber untuk mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah sektor F&B masih
mengalami kesulitan dalam mengelola limbahnya karena belum adanya regulasi atau
pedoman yang dapat diterapkan dengan baik oleh industri terkait keterbatasan
kewenangan yang diberikan dan tidak adanya tanggung jawab yang diberikan dari atasan,
proses pengelolaan limbah dan seleksi tidak didukung oleh infrastruktur saat ini. Oleh
karena itu adanya pembuatan SOP pendidikan yang efisien, pendampingan, dan penilaian
adalah beberapa taktik yang akan digunakan dalam SOP NYAMPIH untuk dapat menarik
pelanggan. Dengan menciptakan skema ekonomi sirkular untuk sampah organik dan non-
organik yang menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan. Dan juga
perspektif dari servis sains menggunakan analisis proses co-creation nilai untuk dapat
berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan dalam membangun proses bisnis yang
lebih bersinergi untuk memperluas pasar dengan cepat.