digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219027 Stella Ribli.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Berdasarkan sebuah survei, rata-rata tingkat cart abandon rate pada e-commerce adalah 70%. Di antara 10 faktor yang mempengaruhi tingginya angka tersebut, dua diantaranya adalah biaya tambahan tinggi dan tahapan checkout yang panjang. Sistem biaya pengiriman e-commerce di e-commerce saat ini membuat pengguna lebih diuntungkan secara biaya apabila melakukan transaksi beberapa produk dengan jumlah toko yang minim. Namun, saat ini belum ada fitur khusus untuk mencari beberapa produk sekaligus di satu toko pada e-commerce di Indonesia. Saat ini, perlu melalui proses yang berulang yang membutuhkan minimal 10 langkah untuk pencarian pada dua produk. Tugas akhir ini dirancang untuk menganalisis desain interaksi pada pencarian multiple products di satu toko dan merancang fitur untuk mempermudah proses pencarian multiple products di satu toko. Metodologi yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode user-centered design (UCD) karena metodologi UCD difokuskan terhadap kebutuhan pengguna, sesuai dengan tujuan penelitian yang diawali dengan masalah pengguna. Tahapan pada rancangan desain interaksi ini adalah riset kebutuhan desain, pembuatan spesifikasi desain, implementasi desain, serta pengujian dan evaluasi. Dalam perancangan desain interaksi, ada 3 tujuan yang ingin dicapai. Dua usability goals yang ingin dicapai adalah efficient to use dan easy to learn how to use. Sedangkan user experience goals yang ingin dicapai adalah helpful. Perancangan desain diawali dengan perancangan low-fidelity prototype dan hasil akhir berbentuk high-fidelity prototype. Untuk melakukan evaluasi apakah desain interaksi sudah sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, dilakukan dua kali iterasi usability testing. Pengukuran keberhasilan tujuan yang ingin dicapai diukur pada usability testing, menggunakan tes Single Ease Questions (SEQ), System Usability Scale (SUS), dan Intrinsic Motivation Inventory (IMI). Pada pengujian ini, seluruh user experience goals dan usability goals berhasil tercapai dengan nilai completion rate adalah 100%, nilai median rata-rata IMI sub skala usefulness adalah 6,8, nilai median rata-rata SEQ adalah 7, dan nilai SUS adalah 92,5.