digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Muhammad Dhofir Ridwan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Muhammad Dhofir Ridwan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Muhammad Dhofir Ridwan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Muhammad Dhofir Ridwan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Muhammad Dhofir Ridwan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Muhammad Dhofir Ridwan
PUBLIC Open In Flip Book Roosalina Vanina Viyazza

Dalam pasar yang sangat kompetitif saat ini di seluruh dunia, peningkatan pengguna internet membuat bisnis-bisnis mulai beralih dari pemasaran tradisional ke pemasaran modern. Pemasaran digital digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan juga berkomunikasi dengan klien. PT. Geonet Infomedia menghadapi masalah retensi pelanggan yang rendah dan sedang mencari solusi dengan menjaga komunikasi dan meningkatkan kesadaran melalui media sosial. Ketika perusahaan mencoba membuat konten melalui media sosial, perusahaan membutuhkan konten yang tepat untuk memanfaatkan merek mereka dan mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini mengkaji kondisi internal dan eksternal perusahaan untuk mengusulkan solusi bagi akun media sosial mereka. Penelitian ini dilakukan melalui tinjauan literatur untuk memberikan solusi terhadap akun media sosial PT. Geonet, yang dilakukan dengan metode kualitatif menggunakan 7p's bauran pemasaran, analisis VRIO, dan analisis konten untuk kondisi internal mereka, sedangkan analisis eksternal akan dianalisis melalui lima kekuatan Porter dan analisis pelanggan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 4 klien dan internal PT. Geonet Infomedia, hasil wawancara kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT dan perjalanan keputusan pelanggan. Melalui kerangka-kerangka tersebut, hasilnya digunakan untuk mengusulkan strategi digital pada setiap akun media sosial guna mempertahankan pelanggan dan meningkatkan tingkat retensi.