digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Bramanta Naufal Rizaldi
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Myppm ITB merupakan situs web yang digunakan oleh dosen di ITB untuk mengumpulkan proposal dan laporan terkait penelitian serta pengabdian masyarakat. Berdasarkan diskusi yang dilakukan dengan pengelola website, LPPM memiliki rencana jangka panjang akan melakukan pengembangan website lebih lanjut untuk mengintegrasikan sistem dengan beberapa sistem lain yang berkaitan dengan akademik, kepegawaian, serta penggajian. Pada sistem eksisting belum pernah dilakukan evaluasi untuk mengetahui permasalahan pengguna saat menggunakan website tersebut. Keluhan hanya disampaikan secara sporadis kepada pengelola website. Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa terdapat 55% pengguna menemui masalah yang sama terkait penggunaan situs web. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi website Myppm ITB dengan menemukan permasalahan serta penilaian pengguna terhadap situs web dengan pendekatan usability sehingga dapat menghasilkan usulan perbaikan pada user interface situs web. Penelitian dilakukan dengan teknik usability testing dengan meminta partisipan untuk berinteraksi dengan website Myppm ITB dengan mengerjakan empat skenario tugas yang mewakili empat fitur pada situs web. Dari pengerjaan skenario tugas dilakukan pengukuran pada beberapa paremeter terkait dimensi usability yang mencakup efektivitas (keberhasilan dan kesalahan pengerjaan tugas), efisiensi (durasi pengerjaan tugas), dan kepuasan pengguna (Questionnaire for User Interface Satisfaction). Kemudian dilakukan teknik usability inquiry menggunakan Retrospective Think-Aloud untuk mendapatkan masalah yang ditemui partisipan ketika pengerjaan tugas. Penelitian dilakukan pada 12 partisipan yang dikelompokkan dalam partisipan non pemula (dosen yang pernah menggunakan Myppm ITB) dan partisipan pemula (dosen yang belum pernah menggunakan Myppm ITB). Hasil penelitian menunjukkan efektivitas yang kurang baik pada fitur proposal penelitian berdasarkan persentase keberhasilan pengerjaan tugas yang rendah (< 70%) dan frekuensi kesalahan yang tinggi. Diketahui pula bahwa keempat fitur memiliki efisiensi yang baik dilihat dari durasi pengerjaan tugas yang tidak berbeda signifikan antarkelompok partisipan. Hasil penilaian kepuasan pengguna yang rendah pada sub karakteristik layar, tanggapan menyeluruh, serta terminologi dan informasi sistem. Berdasarkan pemetaan masalah diperoleh 32 masalah usability yang menjadi prioritas perbaikan mencakup isu terminologi, umpan balik, status sistem, organisasi informasi, tampilan kontras dan layout desain, dan permintaan input. Penelitian menghasilkan 27 usulan perbaikan mencakup perbaikan pada tampilan laman, terminologi ikon, permintaan input, organisasi informasi, notifikasi kesalahan dan konfirmasi, serta status sistem. Usulan perbaikan telah melalui proses validasi dengan problem user serta problem customer situs web Myppm ITB. Tindak lanjut dari hasil penelitian, pengelola website perlu melakukan feasibility study implementasi tampilan usulan terkait keterbatasan serta kapabilitas framework eksisting.