digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Kimiko Hikari Zuhria
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Kimiko Hikari Zuhria
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Kimiko Hikari Zuhria
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Kimiko Hikari Zuhria
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Kimiko Hikari Zuhria
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Kimiko Hikari Zuhria
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Industri kecantikan di Indonesia merupakan pasar yang berkembang dan besar yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan oleh setiap pebisnis. Pendapatan industri kecantikan mencapai $7,5 miliar pada tahun 2021 dengan tingkat pertumbuhan 6,5% per tahun. Pada tahun 2022, dengan total pertumbuhan nilai sekitar 5%, industri kosmetik di Indonesia diuntungkan dengan adanya peningkatan pascapandemi. Wardah, sebagai merek no.1 di industri kecantikan Indonesia, menghadapi persaingan ketat dengan merek lain, proposisi halal yang dulu digunakan Wardah untuk membedakan dari pesaingnya, menjadi hal yang dimiliki oleh hampir semua brand kecantikan lainnya karena ada peraturan dari Kementerian Agama RI Badan Penyelenggara Penjaminan Halal, bahwa pendaftaran produk kosmetik baru harus memenuhi persyaratan halal. Kampanye pemasaran emosional adalah salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran merek sekaligus memperkuat kekuatan merek. Di tahun 2021 Wardah meluncurkan kampanye ‘Beauty Moves You’, marketing dengan pendekatan emosional ini, Wardah mendorong perempuan untuk menjadi berguna dan menggerakkan lingkungannya. Saat ini, kesadaran terhadap kampanye emosional marketing Wardah yang bertajuk "Beauty Moves You" masih dapat ditingkatkan, sehingga perlu dilakukan perbaikan. Untuk membuat rencana komunikasi, pertama tama, faktor internal seperti analisis STP (segmentasi, penargetan, dan penentuan posisi) dilakukan untuk memastikan bahwa komunikasi pemasaran tepat sasaran untuk audiens target. Analisis VRIO akan membantu menglasifikasikan sumber daya perusahaan sebagai dasar dari pembuatan usulan marketing. Porter’s five forces adalah kerangka kerja pertama untuk menganalisis faktor eksternal. Kerangka ini mendefinisikan dan mengevaluasi lima kekuatan kompetitif yang berdampak pada setiap industri dan membantu mengidentifikasi kelemahan suatu sektor. Seluruh latar belakang eksternal yang mempengaruhi perusahaan ditunjukkan melalui analisis PESTEL, bersama dengan perubahan lingkungan bisnis. Analisis pesaing juga akan dilakukan untuk mengidentifikasi pesaing di industri dan mengetahui berbagai strategi pemasaran mereka. Penulis akan melakukan analisis SWOT selain analisis internal dan eksternal untuk mengklasifikasikan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman. Matriks TOWS kemudian digunakan sebagai dasar untuk proposal strategi komunikasi. Untuk memastikan bahwa setiap komunikasi merek selama periode waktu tertentu relevan dan konsisten, komunikasi pemasaran terpadu akhirnya dikembangkan. Agar suatu merek menawarkan hasil yang akan diterima pelanggan, penyampaian komunikasi harus konsisten dan tepat sasaran. Karena perkembangan media informasi, komunikasi baik daring maupun luring kini harus diperhitungkan. Mempertimbangkan besarnya bisnis Wardah, rencana komunikasi pemasaran terpadu diperlukan untuk memastikan bahwa semua pesan tersampaikan secara efektif. Makalah ini bertujuan untuk mengusulkan komunikasi pemasaran terpadu yang cocok untuk meningkatkan kesadaran akan kampanye tersebut. Menurut penelitian, komunikasi pemasaran terpadu dapat membantu meningkatkan kesadaran kampanye milik Wardah yaitu ‘Beauty Moves You’.