digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2023 TA PP QINTHARA TAQIYYAH 1.pdf
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Sejarah merupakan sendi yang penting dalam pendidikan untuk membentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat. Meski demikian, banyak remaja yang menganggap sejarah sebagai sesuatu yang membosankan karena penyajiannya yang kurang menarik. Salah satu sejarah kerajaan di Indonesia yang memiliki kejadian-kejadian penting terjadi pada masa Kerajaan Majapahit. Pada masa kerajaan Hindu-Buddha ini, terjadi perang yang memiliki dampak yang besar terhadap Kerajaan Majapahit, yaitu Perang Paregreg. Media pembelajaran yang unik dapat membantu remaja menjadi lebih aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Salah satu media alternatif yang dapat digunakan untuk membantu pembelajaran sejarah adalah melalui game. Worldbuilding pada game digunakan untuk mengembangkan dan memperkaya dunia permainan. Oleh sebab itu, penulis akan melakukan perancangan worldbuilding game mengenai Perang Paregreg untuk remaja usia 15-19 tahun yang diharapkan dapat menjadi media edukasi sebagai media penunjang pelajaran sejarah. Manfaat dari perancangan ini adalah untuk menambah wawasan dan motivasi remaja untuk mempelajari sejarah Perang Paregreg. Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, pembagian kuesioner, dan studi literasi. Hasil penelitian menunjukkan perancangan worldbuilding mengenai peristiwa perang paregreg ini dapat disesuaikan dengan selera remaja yang akan diimplementasikan ke dalam bentuk role-playing game sehingga dapat menjadi inovasi baru untuk membantu pembelajaran sejarah yang kreatif.