digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Nadya Najmahani Tsabitah B
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Nadya Najmahani Tsabitah B
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Nadya Najmahani Tsabitah B
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Nadya Najmahani Tsabitah B
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Nadya Najmahani Tsabitah B
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Nadya Najmahani Tsabitah B
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Di era sekarang ini, bisnis berkembang dengan pesat, hal ini terlihat dari bermunculannya para pelaku bisnis yang semakin banyak. Persaingan bisnis yang ketat membuat para pelaku bisnis selalu dituntut untuk mempertahankan usahanya agar dapat bersaing dengan kompetitor. Strategi pemasaran memainkan peran penting dalam menentukan kebijakan produk karena perubahan pasar yang cepat, kecepatan respons pesaing, selera produk baru sebagai hasil kemajuan teknologi, dan ketersediaan informasi dan pemantauan yang meningkatkan kemampuan manajemen pemasaran untuk mengenali perubahan dengan cepat dan mengambil tindakan yang bertanggung jawab. Apotek adalah salah satu bisnis yang tidak akan dikonsumsi seiring berjalannya waktu. Saat ini kesehatan merupakan hal yang penting bagi masyarakat, sehingga pelayanan kesehatan bagi para pelaku usaha banyak dan mudah ditemukan. Dalam penelitian ini Apotek Bintang Mulia sebagai apotek lokal membutuhkan strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan. Hasil penelitian menunjukkan Apotek Bintang Mulia belum memiliki pengembangan strategi pemasaran dan pemasaran yang baik. Berdasarkan penelitian kuantitatif dan kualitatif yang telah dilakukan terdapat beberapa faktor eksternal dan internal yang membantu merumuskan strategi pemasaran yang tepat untuk Apotek Bintang Mulia. Apotek Bintang Mulia memiliki landasan yang kuat untuk keunggulan kompetitif jangka panjang, dari sumber dayanya yang berharga dan langka, serta struktur organisasinya yang efektif. Kemampuan mereka untuk menyediakan produk berkualitas baik dengan harga yang kompetitif, memiliki layanan yang informatif, ditambah dengan lokasinya yang strategis, menjadikan mereka pilihan yang diinginkan oleh pelanggan. Sedangkan pada faktor eksternal Apotek Bintang Mulia menghadapi persaingan dan daya tawar yang tinggi, namun ragam produk perusahaan yang beragam, layanan virtual dapat membantu mempertahankan posisinya di pasar. Untuk meningkatkan jumlah penjualan Apotek Bintang Mulia perlu mengembangkan dan menerapkan strategi pemasaran yang baru.