digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bakso adalah salah satu jenis makanan yang cukup dikenal di Indonesia. Hal tersebut didukung oleh data yang menunjukan adanya peningkatan konsumsi bakso kemasan di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Bandung adalah salah satu daerah yang memiliki tingkat kenaikan paling tinggi dibandingkan daerah lainnya dalam hal peningkatan konsumsi bakso kemasan. Hal tersebut dapat menjadi potensi pasar yang luar biasa dalam meningkatkan penjualan suatu perusahaan. Namun, hal tersebut berbeda dengan apa yang dihadapi oleh CV. Sari Nikmat Semar. Perusahaan telah mengalami penurunan penjualan terutama dalam dua tahun terakhir. Hal tersebut disebabkan salah satunya oleh tidak adanya strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan jumlah konsumennya dalam situasi pasar saat ini. Beberapa studi menyatakan bahwa bauran promosi dapat memberikan dampak terhadap perubahan sikap dari konsumen terhadap keinginan dalam melakukan pembelian. Adanya hal tersebut maka penelitian ini akan mencari tahu mengenai (1) dampak internal analisis terhadap promosi suatu perusahaan (2) dampak external analisis terhadap promosi suatu perusahaan. Analisis ini akan dikumpulkan dan dilihat bagaimana peran bauran promosi terhadap perubahan tingkah laku konsumen yang memicu adanya keinginan dalam melakukan pembelian produk bakso kemasan. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan melakukan in-depth interview dan questionnaire survey terhadap konsumen yang memiliki pengalam dalam melakukan pembelian produk bakso kemasan. Penulis mengumpulkan data dengan mendatangi secara langsung beberapa pasar tradisional di Bandung dengan bahasan utama terkait bauran promosi. Penulis menemukan adanya perbedaan bauran promosi yang dipilih dalam hasil in-depth interview dengan questionnaire survey. Penelitian ini memiliki kesimpulan dimana bauran promosi memiliki pengaruh terhadap sikap konsumen pada saat melakukan proses pembelian suatu produk yang mana dapat pula mempengaruhi bagaimana menimbulkan keinginan suatu konsumen dalam melakukan pembelian. Hal tersebut akan membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualan produk dalam suatu perusahaan.