digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219010 Muhammad Husnul Daffa.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam era digital yang terus berkembang, pengelolaan layanan teknologi informasi telah menjadi kritis bagi organisasi untuk menjaga operasional yang lancar dan efisiensi bisnis yang tinggi. ITSM mencakup rangkaian praktik dan proses yang dirancang untuk merencanakan, memberikan, mengelola, dan memantau layanan TI yang mendukung kebutuhan bisnis. Beberapa proses dari ITSM yang dibahas pada artikel ini adalah manajemen insiden. Manajemen tersebut penting dilakukan untuk meminimalisir dampak ketika insiden terjadi. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang manajemen insiden untuk Institut Teknologi Bandung dengan objek penelitian Direktorat Teknologi Informasi (DTI ITB). DTI ITB sendiri ingin melakukan pengembangan dari sistem manajemen insiden saat ini agar sesuai dengan standar ITSM. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan penerapan framework Infosys dalam perancangan manajemen insiden. Infosys sendiri mengambil referensi dari ITIL yang merupakan dasar pengembangan ITSM. Fase dari manajemen insiden yang dihasilkan adalah identifikasi, pencatatan, klasifikasi, diagnosis, penyelesaian dan pemulihan, serta penutupan. Pada tahap evaluasi, hasil rancangan sistem manajemen insiden baru akan dibandingkan dengan penilaian kapabilitas awal dari sistem manajemen yang sekarang diterapkan untuk memberikan kesimpulan bahwa rancangan telah menutup gap yang ada. Selain itu, dilakukan penilaian oleh stakeholder dari DTI ITB terhadap sistem manajemen yang telah dirancang.