digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219056 Patricia Aurelia Tekad Tuerah.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Shopee merupakan sebuah platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan yang diluncurkan pada tahun 2015 dan berkantor pusat di Singapura. Pada April 2020, diluncurkan suatu fitur yang menawarkan layanan pesan antar makanan secara online yang bernama ShopeeFood. Berdasarkan survei yang dilakukan, diperoleh bahwa alasan dari sebagian besar responden menggunakan ShopeeFood adalah karena ShopeeFood menawarkan diskon yang besar. Untuk meningkatkan performa dari ShopeeFood, diperlukan perbaikan terhadap tampilannya agar meningkatkan kenyamanan dari pengguna saat menggunakan ShopeeFood. Permasalahan yang ditemukan dari survei dan diselesaikan pada tugas akhir ini adalah tampilan dari pemisahan antar kategori yang kurang jelas, fitur untuk menambahkan catatan yang sulit ditemukan, alur untuk klaim voucher secara manual, kesulitan untuk memperoleh informasi-informasi penting dari setiap voucher, alur yang terlalu panjang apabila ingin melakukan perubahan ketika sudah berada pada halaman konfirmasi pesanan, dan tidak adanya peringatan untuk melakukan pengecekan kembali terhadap pesanannya dan detail-detail lainnya seperti alamat dan metode pembayaran yang digunakan. Hasil dari tugas akhir ini adalah high fidelity prototype. Pendekatan yang akan digunakan pada pengerjaan tugas akhir ini adalah user-centered design (UCD). Pendekatan ini digunakan karena perbaikan yang akan dilakukan ini berdasarkan pada kepuasan dan kebutuhan dari pengguna. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, bahwa desain interaksi perbaikan ini effective to use dengan completion rate 100%, efficient to use dengan waktu pengerjaan dan jumlah klik yang menurun jika dibandingkan dengan existing product ShopeeFood, serta helpful berdasarkan skor SUS mengalami pengingkatan 61.67 dari menjadi 93 (excellent), dan skor SEQ mengalami peningkatan dari 3.77 menjadi 6.88 dari 7 (sangat mudah).