digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Dzikrian Diqnada
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

Tugas akhir ini mengimplementasikan pendekatan computational fluid dynamics (CFD) untuk memprediksi turunan kestabilan statis dan dinamis pada arah lateral-direksional dari Fast and Efficient Autonomous Delivery (FEAD UAV), sebuah Quadrotor Biplane Tailsitter UAV. Konfigurasi airframe yang baru ini merupakan alternatif yang sesuai untuk misi pengiriman last-mile di daerah perkotaan. Desain geometri yang kompleks dari FEAD UAV telah mendorong adanya studi lebih lanjut mengenai analisis turunan kestabilan. Kehandalan sistem landing gear sebagai ekor vertikal pada mode fixed-wing dan sebagai landing gear pada mode rotary wing harus memenuhi persyaratan aerodinamika dan struktural secara bersamaan. Dengan tujuan memperoleh turunan stabilitas, simulasi aerodinamika tak tunak dengan menerapkan reduced frequency diperkenalkan dalam model gerakan paksa linier dan harmonik yang memberikan data historis harmonik dari gaya dan momen seiring waktu. Untuk dua model gerakan, penelitian ini menggunakan model gerakan harmonik fungsi gelombang segitiga dan sinusoidal harmonik. Turunan kestabilan diperoleh melalui proses data historis dari gaya dan momen dengan menggunakan analisis Fourier. Penelitian ini juga menyelidiki perbandingan turunan kestabilan antara model gerakan fungsi gelombang segitiga dan model gerakan fungsi gelombang sinusoidal. Studi ini juga melakukan studi parametrik terhadap turunan stabilitas FEAD UAV dilakukan dengan mengubah reduced frequency.