digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rafi Prayoga Dhenanta
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Komponen udara telah menjadi sebuah hal yang tidak dapat dipisahkan dari peperangan di era modern. Salah satu skenario dalam konflik yang melibatkan komponen udara adalah pertarungan udara-ke-udara jarak dekat (dogfight). Pada tugas akhir ini dogfight dikaji dari sudut pandang teori permainan. Adapun dogfight yang dikaji adalah dogfight yang telah disederhanakan, yaitu dogfight dalam dua dimensi dengan kondisi akhir berupa penguncian suatu pesawat oleh pesawat lain. Tujuan dari tugas akhir ini adalah membuat sebuah model permainan dari dogfight serta mengecek eksistensi ’solusi’ (teori permainan) dari model yang dibuat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan gim Modern Air Combat: Team Match sebagai objek observasinya menggantikan dogfight di dunia nyata. Melalui proses deskriptif diketahui bahwa model permainan yang dapat digunakan untuk memodelkan dogfight adalah permainan dinamis dengan informasi lengkap yang berupa permainan berbentuk ekstensif atau extensive-form game dan multiple static games dengan fungsi bayarannya dibangun berdasarkan parameter jarak dan posisi relatif. Dari simulasi dogfight menggunakan kedua model tersebut diketahui bahwa model permainan berbentuk ekstensif dapat memodelkan dogfight dengan lebih baik. Adapun ’solusi’ (teori permainan) dari kedua model permainan di atas tidak dapat ditemukan dalam tugas akhir ini.