2023 SK PP Ravanell Avaryl [19020219] - Abstract.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos 2023 SK PP Ravanell Avaryl [19020219] - Full Text.pdf
PUBLIC Open In Flip Book Jufrizal Effendi, S.Sos
E-commerce telah merevolusi industri kecantikan, menawarkan pelanggan beragam konten dan informasi untuk membantu dalam pengambilan keputusan pembelian mereka. Merek- merek telah memanfaatkan kekuatan Key Opinion Leaders (KOL) untuk meningkatkan pengalaman berbelanja langsung, memengaruhi perilaku pelanggan. Meskipun populer, berbelanja langsung belum menjadi platform utama untuk membeli produk kecantikan, yang menimbulkan tantangan dalam membangun kepercayaan untuk pembelian produk perawatan kulit secara online di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana kehadiran KOL berdampak pada persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan, memengaruhi niat mereka untuk membeli produk perawatan kulit melalui e-commerce berbasis live streaming. Penelitian ini mengadopsi pendekatan komprehensif dengan menggabungkan analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis menggunakan teknik pengkodean otomatis dengan perangkat lunak NVivo, sementara data kuantitatif dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Penelitian ini ditargetkan pada para penggemar perawatan kulit yang berpengalaman dalam fitur live streaming, dengan jumlah responden minimum 12 untuk analisis kualitatif dan 200 responden untuk analisis kuantitatif. Tahap kualitatif juga mengeksplorasi variabel tambahan seperti preferensi merek dan promosi harga, yang selanjutnya dianalisis secara kuantitatif bersama dengan e-commerce live streaming, kehadiran KOL, persepsi nilai, kepercayaan yang dirasakan, dan niat pembelian. Temuan penelitian ini menekankan pengaruh signifikan KOL dalam e-commerce live streaming, yang memengaruhi persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan serta membentuk niat pembelian produk perawatan kulit. Penelitian ini memberikan pemahaman tentang peran baru beberapa faktor dalam e-commerce live streaming, menjelajahi dampaknya terhadap persepsi nilai dan kepercayaan pelanggan dalam konteks niat pembelian produk perawatan kulit, dan memberikan panduan berharga untuk menyempurnakan strategi dan memaksimalkan potensi platform live streaming dalam industri kecantikan yang terus berkembang.