
18219082 Chintya Wijaya.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Shopee merupakan e-commerce yang memiliki fitur Shopee Video yang diluncurkan
pada kuartal pertama tahun 2022 sebagai respons pada peluang dan tren short-form
video. Sejauh ini, Shopee Video dimanfaatkan untuk membantu pembeli mendapatkan
pengalaman berbelanja yang baik serta membantu penjual Shopee mengembangkan
bisnisnya dengan menggunakan short-form video untuk mempromosikan produknya.
Shopee Video yang masih menyatu dengan Shopee e-commerce mengarah pada
persoalan desain interaksi terkait navigation bar yang masih bercampur sehingga
menjadi kurang intuitif. Sebagai e-commerce, Shopee Video juga diekspektasikan
untuk lebih fokus menampilkan video terkait produk, namun masih terdapat banyak
video tidak relevan dengan video produk di Shopee Video. Pengguna tidak bisa
memilih untuk ditampilkan atau direkomendasikan video produk saja. Pengguna juga
menemukan video yang tidak pantas baik pada homepage Shopee Video maupun
homepage Shopee e-commerce. Permasalahan yang diteliti pada tugas akhir ini
meliputi persoalan desain interaksi Shopee Video yang kurang intuitif dan persoalan
terkait keterbatasan pengguna dalam mengatur preferensi penampilan video. Hasil
tugas akhir ini adalah high-fidelity prototype perbaikan desain interaksi Shopee Video
pada aplikasi mobile. Tugas akhir ini diharapkan dapat menghasilkan desain interaksi
perbaikan Shopee Video untuk mengatasi permasalahan pengguna dengan pendekatan
user-centered design (UCD). Pendekatan ini dipilih karena Shopee Video merupakan
fitur yang existing sehingga tugas akhir ini didasarkan pada kepuasan dan umpan
balik penggunanya. Berdasarkan evaluasi, didapatkan bahwa desain interaksi effective
to use dengan completion rate 100%; easy to learn dan easy to remember how to use
dengan SUS bernilai 90.83 (best imaginable, grade A), SEQ kemudahan task bernilai
4.81 dari skala 5 (mudah), time on task menurun dari desain sebelum perbaikan, dan
satisfaction rating bernilai 4.67 dari skala 5 (puas). Desain interaksi perbaikan juga
memenuhi user experience goal helpful berdasarkan nilai SUS dan satisfaction rating.