digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18219082 Chintya Wijaya.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Shopee merupakan e-commerce yang memiliki fitur Shopee Video yang diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2022 sebagai respons pada peluang dan tren short-form video. Sejauh ini, Shopee Video dimanfaatkan untuk membantu pembeli mendapatkan pengalaman berbelanja yang baik serta membantu penjual Shopee mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan short-form video untuk mempromosikan produknya. Shopee Video yang masih menyatu dengan Shopee e-commerce mengarah pada persoalan desain interaksi terkait navigation bar yang masih bercampur sehingga menjadi kurang intuitif. Sebagai e-commerce, Shopee Video juga diekspektasikan untuk lebih fokus menampilkan video terkait produk, namun masih terdapat banyak video tidak relevan dengan video produk di Shopee Video. Pengguna tidak bisa memilih untuk ditampilkan atau direkomendasikan video produk saja. Pengguna juga menemukan video yang tidak pantas baik pada homepage Shopee Video maupun homepage Shopee e-commerce. Permasalahan yang diteliti pada tugas akhir ini meliputi persoalan desain interaksi Shopee Video yang kurang intuitif dan persoalan terkait keterbatasan pengguna dalam mengatur preferensi penampilan video. Hasil tugas akhir ini adalah high-fidelity prototype perbaikan desain interaksi Shopee Video pada aplikasi mobile. Tugas akhir ini diharapkan dapat menghasilkan desain interaksi perbaikan Shopee Video untuk mengatasi permasalahan pengguna dengan pendekatan user-centered design (UCD). Pendekatan ini dipilih karena Shopee Video merupakan fitur yang existing sehingga tugas akhir ini didasarkan pada kepuasan dan umpan balik penggunanya. Berdasarkan evaluasi, didapatkan bahwa desain interaksi effective to use dengan completion rate 100%; easy to learn dan easy to remember how to use dengan SUS bernilai 90.83 (best imaginable, grade A), SEQ kemudahan task bernilai 4.81 dari skala 5 (mudah), time on task menurun dari desain sebelum perbaikan, dan satisfaction rating bernilai 4.67 dari skala 5 (puas). Desain interaksi perbaikan juga memenuhi user experience goal helpful berdasarkan nilai SUS dan satisfaction rating.