digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

18216018 Kevin Caesar Hagata Ginting.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Fasilitas online learning yang dulunya merupakan pilihan untuk melengkapi pembelajaran telah menjadi kebutuhan penting dalam masa pandemi COVID-19. Instansi-instansi pendidikan dengan cepat mengadopsi berbagai aplikasi penunjang online learning. Akan tetapi perubahan yang drastis ini membawa risiko aplikasi- aplikasi yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pada Tugas Akhir ini, dilakukan penelitian user experience terhadap salah satu aplikasi utama yang dimanfaatkan ITB untuk kebutuhan online learning selama pandemi, yaitu Microsoft Teams. Penilaian UX menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ) menunjukkan tingkat kepuasan yang masih jauh di bawah benchmark. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan desain terhadap Microsoft Teams menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD) yang berfokus pada 4 aspek dengan nilai terburuk pada penilaian UEQ sebagai user experience goals, yaitu Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, dan Stimulation. Hasil keluaran dari Tugas Akhir ini adalah purwarupa aplikasi Microsoft Teams yang mengimplementasi perbaikan pada fitur- fitur halaman Posts, Sidebar, dan Jendela Meeting, serta perancangan fitur baru Presensi dan streaming rekaman. Purwarupa yang dihasilkan kemudian dinilai kembali menggunakan User Experience Questionnaire serta dibandingkan dengan nilai awal sebelum perancangan. Berdasarkan nilai yang didapatkan, purwarupa berhasil meningkatkan kualitas user experience dari Microsoft Teams secara keseluruhan. Nilai yang didapat pada aspek Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, dan Stimulation berhasil melewati nilai minimal yang diharapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa purwarupa berhasil mencapai semua user experience goals yang telah ditentukan.