18216018 Kevin Caesar Hagata Ginting.pdf
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan
Fasilitas online learning yang dulunya merupakan pilihan untuk melengkapi
pembelajaran telah menjadi kebutuhan penting dalam masa pandemi COVID-19.
Instansi-instansi pendidikan dengan cepat mengadopsi berbagai aplikasi penunjang
online learning. Akan tetapi perubahan yang drastis ini membawa risiko aplikasi-
aplikasi yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Pada Tugas
Akhir ini, dilakukan penelitian user experience terhadap salah satu aplikasi utama
yang dimanfaatkan ITB untuk kebutuhan online learning selama pandemi, yaitu
Microsoft Teams. Penilaian UX menggunakan User Experience Questionnaire
(UEQ) menunjukkan tingkat kepuasan yang masih jauh di bawah benchmark. Oleh
karena itu, dilakukan perbaikan desain terhadap Microsoft Teams menggunakan
pendekatan User-Centered Design (UCD) yang berfokus pada 4 aspek dengan nilai
terburuk pada penilaian UEQ sebagai user experience goals, yaitu Attractiveness,
Perspicuity, Efficiency, dan Stimulation. Hasil keluaran dari Tugas Akhir ini adalah
purwarupa aplikasi Microsoft Teams yang mengimplementasi perbaikan pada fitur-
fitur halaman Posts, Sidebar, dan Jendela Meeting, serta perancangan fitur baru
Presensi dan streaming rekaman. Purwarupa yang dihasilkan kemudian dinilai
kembali menggunakan User Experience Questionnaire serta dibandingkan dengan
nilai awal sebelum perancangan. Berdasarkan nilai yang didapatkan, purwarupa
berhasil meningkatkan kualitas user experience dari Microsoft Teams secara
keseluruhan. Nilai yang didapat pada aspek Attractiveness, Perspicuity, Efficiency,
dan Stimulation berhasil melewati nilai minimal yang diharapkan, sehingga dapat
disimpulkan bahwa purwarupa berhasil mencapai semua user experience goals
yang telah ditentukan.