2023_TS_PP_Johannes Hutama Cahya TrisnaTriawan Putra Kusuma_1-Abstrakcs.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman
Tesis ini adalah tentang solusi yang ditawarkan kepada kedai kopi Secangkir Temu
mengenai prosedur pemasaran dan operasional mereka untuk memberikan solusi
yang tepat untuk masalah yang dihadapi saat ini. Badan usaha kedai kopi
Secangkir Temu, atau tempat penelitian tesis ini telah berjalan selama empat tahun
sejak berdirinya, namun tidak diragukan lagi bahwa mereka telah menghadapi
berbagai masalah selama bertahun-tahun. Penelitian tesis ini akan menyajikan
kemungkinan masalah yang telah terjadi selama bertahun-tahun, apa yang dapat
dilakukan dengan setiap kemungkinan masalah, dan bagaimana menyelesaikan
setiap masalah untuk pertumbuhan badan usaha ini di masa depan. Penelitian ini
harus dilakukan, karena memiliki kecenderungan unik di sisi cerita mereka.
Dengan tahun pertama yang sangat lancar, sedangkan tahun-tahun lainnya
menunjukkan tren penurunan yang memotong seluruh penjualan mereka menjadi
kurang dari sepuluh persen dari tahun pertama. Tahun kedua menjalankan bisnis
mereka juga terkena dampak pandemi COVID-19. Namun, seharusnya tidak anjlok
drastis, karena tidak ada lockdown, namun PSBB yang terjadi. Kemungkinan
masalah berasal dari strategi pemasaran mereka, pemilihan alat pemasaran,
prosedur operasional, dan variasi produk. Tesis ini dilakukan dengan metode
metode penelitian kualitatif. Diyakini bahwa masalah yang dihadapi oleh badan
usaha ini adalah pemasaran dan operasional. Ketika pemasaran dan
pembelanjaan konsumen terlibat dalam suatu situasi, itu berarti hal itu terkait
dengan perilaku konsumen yang telah mengunjungi tempat tersebut. perilaku
konsumen akan mengarah pada niat konsumen. Niat itu sendiri bisa datang dari
promosi dari mulut ke mulut, media sosial, dan oleh para pedagang online.
Pengumpulan data untuk penelitian ini akan berasal dari dua sumber data, sumber
data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari informan kunci melalui
diskusi kelompok terarah dan wawancara mendalam atau tidak terstruktur. Data
sekunder akan berasal dari ulasan pelanggan yang pernah makan di restoran, atau
ulasan dari sumber online. Data yang terkumpul diolah melalui berbagai analisis.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bauran pemasaran
7P, analisis Lima Kekuatan Porter, dan analisis SWOT. Bersamaan dengan
analisis dilengkapi dengan solusi dari masalah, serta rencana implementasi
tentang bagaimana dan kapan memulai rencana dengan kerangka waktu juga.