digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Tesis ini adalah tentang solusi yang ditawarkan kepada kedai kopi Secangkir Temu mengenai prosedur pemasaran dan operasional mereka untuk memberikan solusi yang tepat untuk masalah yang dihadapi saat ini. Badan usaha kedai kopi Secangkir Temu, atau tempat penelitian tesis ini telah berjalan selama empat tahun sejak berdirinya, namun tidak diragukan lagi bahwa mereka telah menghadapi berbagai masalah selama bertahun-tahun. Penelitian tesis ini akan menyajikan kemungkinan masalah yang telah terjadi selama bertahun-tahun, apa yang dapat dilakukan dengan setiap kemungkinan masalah, dan bagaimana menyelesaikan setiap masalah untuk pertumbuhan badan usaha ini di masa depan. Penelitian ini harus dilakukan, karena memiliki kecenderungan unik di sisi cerita mereka. Dengan tahun pertama yang sangat lancar, sedangkan tahun-tahun lainnya menunjukkan tren penurunan yang memotong seluruh penjualan mereka menjadi kurang dari sepuluh persen dari tahun pertama. Tahun kedua menjalankan bisnis mereka juga terkena dampak pandemi COVID-19. Namun, seharusnya tidak anjlok drastis, karena tidak ada lockdown, namun PSBB yang terjadi. Kemungkinan masalah berasal dari strategi pemasaran mereka, pemilihan alat pemasaran, prosedur operasional, dan variasi produk. Tesis ini dilakukan dengan metode metode penelitian kualitatif. Diyakini bahwa masalah yang dihadapi oleh badan usaha ini adalah pemasaran dan operasional. Ketika pemasaran dan pembelanjaan konsumen terlibat dalam suatu situasi, itu berarti hal itu terkait dengan perilaku konsumen yang telah mengunjungi tempat tersebut. perilaku konsumen akan mengarah pada niat konsumen. Niat itu sendiri bisa datang dari promosi dari mulut ke mulut, media sosial, dan oleh para pedagang online. Pengumpulan data untuk penelitian ini akan berasal dari dua sumber data, sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer berasal dari informan kunci melalui diskusi kelompok terarah dan wawancara mendalam atau tidak terstruktur. Data sekunder akan berasal dari ulasan pelanggan yang pernah makan di restoran, atau ulasan dari sumber online. Data yang terkumpul diolah melalui berbagai analisis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bauran pemasaran 7P, analisis Lima Kekuatan Porter, dan analisis SWOT. Bersamaan dengan analisis dilengkapi dengan solusi dari masalah, serta rencana implementasi tentang bagaimana dan kapan memulai rencana dengan kerangka waktu juga.