digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB 1 Abdul Jabbar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Abdul Jabbar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Abdul Jabbar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Abdul Jabbar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Abdul Jabbar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Abdul Jabbar
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Catur Elang Energi (CEE), sebagai salah satu diversifikasi bisnis dari PT. Catur Elang Perkasa, berdiri pada tahun 2020 untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kontribusi energi baru dan terbarukan di Indonesia dengan menyediakan layanan EPC (Engineering, Procurement, Construction) untuk pembangkit listrik tenaga surya atap. Pada tahun 2022, pendapatan yang dihasilkan oleh operasi bisnis CEE tidak cukup baik untuk mencapai target yang diberikan oleh manajemen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahuin faktor external dan internal dan mengusulkan strategi untuk meningkatkan kinerja CEE. Studi ini lebih lanjut menganalisis bagaimana perusahaan menjalankan bisnisnya dari perspektif eksternal dan internal. Studi ini menggunakan analisis eksternal seperti analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, dan analisis pesaing. Selain itu, ada juga analisis internal seperti Segmenting, Targeting, Positining (STP) analisis, Marketing Mix. Kemudian analisis lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan SWOT analisis untuk menentukan Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat dari bisinis Catur Elang Energi. Business Model Canvas digunakan untuk mendefinisikan dan mengkomunikasikan bisnis Catur Elang Energi dan Matriks TOWS akan membantu Catur Elang dalam mengembangkan bisnis dan penjualan. Rekomendasi yang diberikan meliputi pengembangan produk untuk produk terkait energi surya, kampanye promosi, pengembangan jaringan agen, dan kemitraan dengan institusi keuangan. Implementasi strategi dalam bentuk Gantt Chart juga dibuat berdasarkan rekomendasi yang dapat diimplementasikan oleh PT. Catur Elang Perkasa.