digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Aditamma Ghani Abdulaziz
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Dalam proses kenaikan pangkat, seorang guru yang berstatus pegawai negeri sipil dilakukan penilaian berdasarkan angka kredit yang diakumulasi oleh guru bersangkutan. Hasil penilaian angka kredit untuk guru golongan ruang IV/b sampai IV/d yang telah dinilai dapat dilihat melalui website Elektronik-Penilaian Angka Kredit Guru (e-PAK Guru). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna e-PAK Guru, menganalisis faktor usability e-PAK Guru yang perlu ditingkatkan, dan menyusun usulan perbaikan yang dapat diimplementasikan di e-PAK Guru. Pengukuran tingkat kepuasan menggunakan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari indeks usability, desain, informasi, kepercayaan, dan empati. Pengumpulan data Webqual 4.0 melalui penyebaran kuesioner secara online pada 797 guru golongan ruang IV/b sampai IV/d. Untuk analisis faktor usability menggunakan metode usability testing yang diperoleh data efektivitas, lostness score (ukuran seberapa tersesatnya responden untuk mengukur efisiensi), error rate, Retrospective Thinking Aloud (RTA), dan metrik eye tracker. Pengumpulan data usability testing dilakukan pada 16 guru yang belum pernah menggunakan e-PAK Guru (guru golongan ruang III/a sampai IV/a) dengan cara diminta untuk melakukan 4 skenario. Skenario 1 antara lain mencari panduan penggunaan website. Skenario 2 memilih periode pengusulan angka kredit. Skenario 3 mencari penilaian bukti fisik serta berkas penilaian angka kredit. Skenario 4 mencari kelebihan atau kekurangan angka kredit. Selanjutnya, untuk usulan perbaikan dengan menyusun prototype interface usulan berdasarkan faktor usability yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indeks memiliki tingkat kepuasan yang tinggi dikarenakan memiliki nilai di atas 0,9 (nilai maksimal sebesar 1,0). Selanjutnya, dari usability testing diperoleh bahwa e-PAK Guru belum sepenuhnya efektif dikarenakan skenario 1, 2, dan 4 memiliki efektivitas di bawah 70%. Untuk efisiensi juga masih kurang dikarenakan skenario 1, 2, 3, dan 4 memiliki nilai lostness score di atas 0,4 (dimana untuk skenario yang efisien lostness score memiliki nilai di bawah 0,4). Selanjutnya dari data error rate, RTA, dan eye tracker diperoleh secara rinci elemen pada website yang bermasalah sehingga dapat disusun usulan perbaikan, terdapat sebanyak 12 usulan perbaikan yang telah disusun.