ABSTRAK Aditamma Ghani Abdulaziz
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA - ADITAMMA GHANI ABDULAZIZ
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Dalam proses kenaikan pangkat, seorang guru yang berstatus pegawai negeri sipil
dilakukan penilaian berdasarkan angka kredit yang diakumulasi oleh guru bersangkutan.
Hasil penilaian angka kredit untuk guru golongan ruang IV/b sampai IV/d yang telah
dinilai dapat dilihat melalui website Elektronik-Penilaian Angka Kredit Guru (e-PAK
Guru). Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan
pengguna e-PAK Guru, menganalisis faktor usability e-PAK Guru yang perlu
ditingkatkan, dan menyusun usulan perbaikan yang dapat diimplementasikan di e-PAK
Guru. Pengukuran tingkat kepuasan menggunakan metode Webqual 4.0 yang terdiri dari
indeks usability, desain, informasi, kepercayaan, dan empati. Pengumpulan data Webqual
4.0 melalui penyebaran kuesioner secara online pada 797 guru golongan ruang IV/b
sampai IV/d. Untuk analisis faktor usability menggunakan metode usability testing yang
diperoleh data efektivitas, lostness score (ukuran seberapa tersesatnya responden untuk
mengukur efisiensi), error rate, Retrospective Thinking Aloud (RTA), dan metrik eye
tracker. Pengumpulan data usability testing dilakukan pada 16 guru yang belum pernah
menggunakan e-PAK Guru (guru golongan ruang III/a sampai IV/a) dengan cara diminta
untuk melakukan 4 skenario. Skenario 1 antara lain mencari panduan penggunaan
website. Skenario 2 memilih periode pengusulan angka kredit. Skenario 3 mencari
penilaian bukti fisik serta berkas penilaian angka kredit. Skenario 4 mencari kelebihan
atau kekurangan angka kredit. Selanjutnya, untuk usulan perbaikan dengan menyusun
prototype interface usulan berdasarkan faktor usability yang telah dikumpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh indeks memiliki tingkat kepuasan yang
tinggi dikarenakan memiliki nilai di atas 0,9 (nilai maksimal sebesar 1,0). Selanjutnya,
dari usability testing diperoleh bahwa e-PAK Guru belum sepenuhnya efektif
dikarenakan skenario 1, 2, dan 4 memiliki efektivitas di bawah 70%. Untuk efisiensi juga
masih kurang dikarenakan skenario 1, 2, 3, dan 4 memiliki nilai lostness score di atas 0,4
(dimana untuk skenario yang efisien lostness score memiliki nilai di bawah 0,4).
Selanjutnya dari data error rate, RTA, dan eye tracker diperoleh secara rinci elemen pada
website yang bermasalah sehingga dapat disusun usulan perbaikan, terdapat sebanyak 12
usulan perbaikan yang telah disusun.