Akibat perubahan struktur populasi dan gaya hidup, orang sekarang jarang memasak dan
makan di rumah selama era globalisasi. Sebagai hasilnya, lebih banyak orang memilih untuk
membeli makanan atau minuman dan lebih tertarik pada bisnis makanan dan minuman. Sebagai
dampak dari fenomena ini, perusahaan berusaha untuk memberikan layanan terbaik untuk
menjaga kepuasan pelanggan karena orang juga cenderung lebih memperhatikan kualitas
layanan yang diberikan oleh industri makanan dan minuman, sayangnya sering terdapat
perbedaan antara harapan dan persepsi pelanggan terhadap layanan yang diberikan oleh
perusahaan. Masalah kualitas layanan ini dihadapi oleh Restoran Rao He Noodle. Rao He
Noodle adalah restoran baru yang dibuka pada awal 2022, terletak di Jalan Kemang Raya,
Jakarta Selatan, merupakan sebuah tempat kuliner yang mengusung konsep pasar malam
Taiwan. Dalam beberapa bulan terakhir, Rao He Noodle mengalami penurunan pendapatan
restoran serta penurunan jumlah pelanggan yang datang ke restoran. Masalah ini juga didukung
oleh adanya rating dan kritik buruk terhadap restoran. Dari 47 ulasan di Google, 15
diantaranya memberikan rating buruk terhadap Restoran Rao He Noodle. Umumnya, para
reviewer mengeluhkan tentang pelayanan dari restoran. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan
untuk menilai layanan Rao He Noodle dan menentukan layanan mana yang belum berkinerja
baik. Studi ini menerapkan Analisis Importance-Performance (IPA) untuk memetakan semua
item kualitas layanan secara prioritas. Lima dimensi kualitas lavanan yang digunakan sebagai
dasar kuesioner adalah Tangibility, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Data
primer dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner online melalui Google Forms. Hasilnya
menunjukkan bahwa atribut Tangibility, Assurance, dan Empathy memiliki harapan tinggi dari
pelanggan namun masih belum berkinerja baik. Penelitian ini membimbing Rao He Noodle
dalam meningkatkan kualitas layanan mereka dengan memberikan wawasan tentang aspek
layanan yang harus diprioritaskan untuk ditingkatkan.