digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada saat ini, kafé bertemakan Korea menjadi populer di Indonesia dimana kualitas layanan menjadi penting untuk dipertimbangkan oleh perusahaan-perusahaan untuk menarik konsumen dan bersaing di pasar. Suasana dan kualitas makanan juga memainkan peran penting dalam menarik minat konsumen serta niat beli mereka. Penelitian sebelumnya juga membuktikan bahwa kualitas layanan, suasana, dan kualitas makanan merupakan faktor-faktor dalam mempengaruhi niat beli konsumen sekaligus memiliki hubungan positif dengan niat beli (Worek, Kindangen, dan Worang, 2015; Qin dan Prybutok 2009; Omotayo dan Joachim, 2008). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan survey dan sampel sebanyak 384 responden yang telah berkunjung ke Chingu Café. Penelitian ini mengaplikasikan analisis deskriptif untuk memberikan teks deskriptif serta penjelasan mengenai temuantemuan yang ada, analisis validitas dan reliabilitas untuk mengukur kelayakan kuesioner, dan uji asumsi klasik untuk mempelajari kelayakan data sebelum melakukan teknik terakhir yaitu regresi linier berganda untuk mempelajari hubungan dimensidimensi kualitas pelayanan, suasana, dan kualitas makanan dengan niat beli konsumen terhadap kafé bertemakan Korea. Berdasarkan temuan penelitian ini, ia mampu untuk belajar bahwa dimensi tangible, dimensi reliability, dimensi responsiveness, dimensi empathy, suasana, dan kualitas makanan memiliki pengaruh positif pada niat beli konsumen dimana dimensi tangible memainkan peran paling penting dalam mempengaruhi niat beli. Uniknya, konsumen yang memiliki rasa tertarik terhadap kafé bertemakan Korea adalah perempuan dengan pekerjaan sebagai mahasiswa.