digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
PUBLIC Dewi Supryati

Artificial Intellience (AI) dapat dimanfaatkan untuk membantu pemasaran Usaha Kecil Menengah (UKM) yang memiliki keterbatasan dalam membuat konten visual produk yang menarik bagi konsumen. Penelitian ini betujuan menyelidiki perbedaan antara evaluasi konsumen terhadap produk dengan latar belakang dihasilkan AI dan hasil manusia sepenuhnya. Studi ini mengkaji evaluasi respons konsumen dari perspektif variabel mental imagery, product evaluation, positive emotion, dan purchase intention menggunakan framework S-O-R (stimulus- organism-response). Stimulus yang diuji adalah konten visual foto produk dengan latar belakang hasil AI dan manusia. Data diperoleh dari 197 partisipan usia 18-45 tahun (M = 25) melalui kuesioner eksperimen daring menggunakan desain between subject 2 (penghasil latar belakang: AI vs. manusia) × 2 (suasana: outdoor vs. indoor) dengan pengungkapan bahwa stimulus tersebut dihasilkan AI. Metode statistik Wilcoxon, Mann-Whitney, PLS-SEM, dan PLS-MGA digunakan untuk menguji hipotesis. Temuan penelitian menunjukkan bahwa evaluasi konsumen terhadap produk dengan latar belakang AI tidak signifikan berbeda (p > 0,05) dibandingkan dengan hasil manusia dalam respons mental imagery, product evaluation, positive emotion, dan purchase intention. Mental imagery dapat meningkatkan purchase intention melalui product evaluation yang baik serta memunculkan respons positive emotion terhadap konten visual produk dengan bantuan AI. Selain itu, tidak terdapat perbedaan kekuatan hubungan variabel antar kedua kelompok. Kesimpulan dari penelitian ini adalah konten visual produk dengan latar belakang AI memiliki respons konsumen yang sama baiknya dengan hasil manusia. Implikasi praktis dari studi ini adalah saran bagi UKM untuk menggunakan AI dalam membantu pembuatan konten visual produk yang lebih cepat, menarik, dan dapat meningkatkan purchase intention konsumen.