digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

C2C-marketplace menjadi segmen yang paling aktif di pasar elektronik saat ini. Jumlah pengguna smartphone yang semakin tinggi membuat perusahaan C2Cmarketplace terus mengembangkan aplikasi belanja demi menjangkau konsumen. Terdapat dua isu utama terkait penggunaan aplikasi belanja, yaitu kepercayaan dan kepuasan. Masalah ini berakibat pada menurunnya niat pembelian ulang konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang paling mempengaruhi niat pembelian ulang konsumen dalam menggunakan aplikasi belanja C2C di Indonesia. Penelitian ini mengkaji jurnal tentang niat pembelian ulang, kepuasan, kepercayaan, kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan untuk menentukan variabel penelitian. Survey dilakukan kepada 394 responden yang tinggal di Pulau Jawa, berusia 16-59 tahun, dan pernah digunakan aplikasi belanja C2C sebelumnya. Variabel yang diukur yaitu niat pembelian ulang, kepercayaan, kepuasan, penampilan, interaktivitas, kustomisasi, kemudahan penggunaan, keinformatifan, keamanan, pemenuhan pesanan, dan responsif. Analisis frekuensi, analisis faktor konfirmatori, ANOVA satu arah, regresi linier, dan analisis jalur dilakukan untuk menunjukkan hubungan antar variabel. Hasil menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan menjadi faktor yang membedakan niat untuk membeli ulang suatu produk melalui aplikasi belanja C2C. Selain itu, kepuasan dan kepercayaan menjadi faktor penting dalam mempengaruhi niat pembelian ulang konsumen. Penelitian juga mengungkapkan bahwa kepuasan berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen. Di sisi lain, pemenuhan muncul sebagai faktor yang berpengaruh kuat terhadap kepuasan konsumen, diikuti oleh kemudahan penggunaan, responsif, dan keamanan.