digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Perkembangan teknologi dan informasi, menyebabkan lebih banyak orang menjadi kritis terhadap kegiatan perusahaan termasuk tanggung jawab sosial perusahaan. Kenyamanan yang disajikan oleh media sosial memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pemangku kepentingan dengan lebih efektif dan efisien. Perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial diharapkan memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan mereka. Penelitian ini mengamati hubungan antara skor indeks CSR dan aktivitas media sosial untuk perusahaan di Indonesia. Menariknya, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial tidak lebih proaktif dalam mengadopsi media sosial, maupun menyegerakan mengadopsi media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan dengan nilai indeks CSR lebih tinggi berhubungan negatif dengan adopsi dan cepatnya mengadopsi media sosial. Namun, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan yang bertanggung jawab secara sosial lebih aktif dalam menyarankan topik menggunakan hashtag di media sosial.