ABSTRAK Vania Tiffani Tjandra
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Cover_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab I_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab II_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab III_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab IV_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab V_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Bab VI_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Daftar Pustaka_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Lampiran_Vania Tiffani Tjandra.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Industri e-commerce merupakan industri yang sangat berkembang saat ini, terlebih
setelah pandemi. Salah satu e-commerce terdepan di Indonesia yaitu E-Commerce
X. Saat ini, E-Commerce X mengalami masalah retensi pelanggan di mana hanya
8,2% dari 184 pelanggan yang mengisi survei yang dilakukan oleh E-Commerce X
memilih E-Commerce X sebagai preferensi utama dalam berbelanja daring.
Masalah ini mengindikasikan strategi Sistem Pengelolaan Pelanggan (SPP) yang
diimplementasikan oleh E-Commerce X belum optimal. Tujuan penelitian ini
adalah untuk memperbaiki strategi SPP E-Commerce X untuk meningkatkan
retensi pelanggan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang meliputi wawancara dan
tinjauan literatur. Wawancara dilakukan dengan CRM Manager E-Commerce X
sebagai narasumber untuk mengidentifikasi kebutuhan perusahaan berdasarkan
tahap pertumbuhan organisasi, fokus pemasaran, segmenting, targeting, positioning
(STP) perusahaan, serta strategi SPP perusahaan saat ini. Berdasarkan hasil
wawancara, diketahui E-Commerce X saat ini berada pada tahap pertumbuhan
collaboration, fokus pemasaran retensi pelanggan, dan fokus perbaikan strategi
SPP pada proses penciptaan nilai sesuai dengan STP perusahaan. Pendekatan
consumer decision journey digunakan untuk mengidentifikasi nilai bagi pelanggan
dan menganalisis perbaikan strategi SPP yang relevan dengan nilai tersebut.
Berdasarkan hasil analisis, dirancang perbaikan strategi notifikasi, pemasaran email,
dan program loyalitas pelanggan untuk E-Commerce X. Rancangan perbaikan
dilakukan dengan membandingkan strategi yang diimplementasikan dengan best
practices dalam literatur yang relevan.