digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sejak tahun 2018, CV Agri Nunifolia Lestari telah bekerjasama dengan PT Health Wealth Indonesia untuk memproduksi konsentrat dan jus mengkudu. Bersamaan dengan itu, CV ANL juga menciptakan merek produk noni fungsionalnya sendiri dengan nama Sunmorci. Sunmorci memiliki target market dan tujuan brand yang jelas. keunggulan sunmorci yaitu pada jenis produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat indonesia. selain itu, dibandingan dengan kompetitornya sunmorci memiliki harga yang lebih masuk akal untuk masyarakat di indonesia. Namun kesadaran masyarakat terhadap produk mengkudu masih rendah dan belum menjadi alternatif pilihan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan strategi pemasaran Sunmorci melalui media digital untuk mempercepat dan memperluas jangkauan pemasaran Sunmorci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, kuesioner, studi literatur dan sebagainya. Penelitian ini menganalisis kondisi internal yang terdiri dari analisis STP, analisis Fishbone dan analisis SWOT. dan analisis eksternal yang terdiri dari analisis pelanggan dan analisis pesaing. berdasarkan temuan dari hasil penelitian, terdapat ketidaksesuaian antara promosi produk yang sunmorci lakukan dan jenis produk yang lebih diminati masyarakat indonesia. Berdasarkan hasil penelitian dirumuskan beberapa solusi bisnis untuk brand sunmorci sebagai berikut: 7S framework untuk merumuskan solusi pada tahap manajemen, perencanaan RACE untuk merumuskan solusi dalam perjalanan pelanggan dan strategi pemasaran online to offline (O2O) untuk menarik minat pelanggan. perhatian dengan memberikan pengalaman online dan offline dengan penguji produk yang akan mengarah pada pembelian.