2023_TS_PP_Nisaul hasanah A. Rosyad_29120223_1-Abstrak.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman Nisaul hasanah A. Rosyad_29120223.pdf
PUBLIC Yose Ali Rahman
Sejak tahun 2018, CV Agri Nunifolia Lestari telah bekerjasama dengan PT Health Wealth
Indonesia untuk memproduksi konsentrat dan jus mengkudu. Bersamaan dengan itu, CV ANL
juga menciptakan merek produk noni fungsionalnya sendiri dengan nama Sunmorci. Sunmorci
memiliki target market dan tujuan brand yang jelas. keunggulan sunmorci yaitu pada jenis
produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan masyarakat indonesia. selain itu,
dibandingan dengan kompetitornya sunmorci memiliki harga yang lebih masuk akal untuk
masyarakat di indonesia. Namun kesadaran masyarakat terhadap produk mengkudu masih
rendah dan belum menjadi alternatif pilihan masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengusulkan strategi pemasaran Sunmorci melalui
media digital untuk mempercepat dan memperluas jangkauan pemasaran Sunmorci. Penelitian
ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa
wawancara mendalam, kuesioner, studi literatur dan sebagainya. Penelitian ini menganalisis
kondisi internal yang terdiri dari analisis STP, analisis Fishbone dan analisis SWOT. dan
analisis eksternal yang terdiri dari analisis pelanggan dan analisis pesaing. berdasarkan temuan
dari hasil penelitian, terdapat ketidaksesuaian antara promosi produk yang sunmorci lakukan
dan jenis produk yang lebih diminati masyarakat indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian dirumuskan beberapa solusi bisnis untuk brand sunmorci sebagai
berikut: 7S framework untuk merumuskan solusi pada tahap manajemen, perencanaan RACE
untuk merumuskan solusi dalam perjalanan pelanggan dan strategi pemasaran online to offline
(O2O) untuk menarik minat pelanggan. perhatian dengan memberikan pengalaman online dan
offline dengan penguji produk yang akan mengarah pada pembelian.