digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


BAB I Maghfira Nur Adhani Setiawan [27120032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II Maghfira Nur Adhani Setiawan [27120032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III Maghfira Nur Adhani Setiawan [27120032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV Maghfira Nur Adhani Setiawan [27120032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V Maghfira Nur Adhani Setiawan [27120032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Daftar Pustaka Maghfira Nur Adhani Setiawan [27120032]
Terbatas  Noor Pujiati.,S.Sos
» Gedung UPT Perpustakaan

Dota 2 merupakan video game online bergenre MOBA (multiplayer online battle arena) yang memiliki 123 karakter yang dapat dimainkan yang disebut hero. dalam desain karakter hero di Dota 2 dapat ditemukan penggambaran stereotipe gender perempuan. Penelitian ini adalah mencari tahu bagaimana gender perempuan digambarkan dalam desain karakter Dota 2 khususnya yang memiliki bentuk struktur tubuh manusia dan humanoid. Dengan menggunakan analisis isi kualitatif, karakter hero perempuan Dota 2 akan diinterpretasi secara sistematis dengan menggunakan pengkodean untuk mendapatkan sebuah makna yang termasuk kedalam penggambaran stereotipe gender perempuan. Didapatkan bahwa karakter perempuan memiliki dua penggambaran seterotipe yang terdapat dalam video games. Yaitu stereotipe bahwa perempuan adalah gender yang dianggap lemah dan sebagai objek seksual. Pada penggambaran stereotipe perempuan yang lemah, dapat ditemukan pada karakter Marci dengan posenya yang tertutup. Perempuan dengan penggambaran stereotipe sebagai objek seksual dapat dijumpai pada karakter Queen of Pain dari segi pose dengan dada yang membusung, pakaian yang menyerupai bikini, serta high heels yang digunakannya.