digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Mouna Dalifa Tafakirey Z. B.
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Distribusi kontinu yang diketahui digunakan untuk keandalan dan masa pakai data adalah distribusi Weibull tiga parameter, di mana parameter tersebut dikenal sebagai parameter skala (?), parameter bentuk (?), dan parameter lokasi (?). Di bidang penerbangan, Weibull tiga parameter menjadi model untuk memperkirakan keandalan perawatan pesawat. Dari penelitian yang ada [2, 9], parameter diestimasi menggunakan metode seperti estimasi maximum likelihood, estimasi Bayesian dan Weibull paper plot (WPP) dengan Trial-and-Error, meskipun validasinya belum diuji coba dengan data asli yang diberikan oleh organisasi Maintenance, Repair and Overhaul (MRO), disebut sebagai MRO A. Selain data asli, metode juga akan divalidasi dengan data hipotetik. Data kegagalan akan dianalisis berdasarkan parameter yang didapatkan terutama parameter bentuk, ? hingga mode kegagalan yang sesuai. Parameter yang diperoleh akan dianalisis dan dipelajari di antara masing-masing metode dan juga metode yang kuat akan bergantung pada parameter bentuk, ? hingga mode kegagalan yang sesuai dan juga grafik laju kegagalan. Saat removal task dilakukan di suatu MRO, komponen tersebut akan diperiksa dan dicari masalahnya. Data yang diperoleh mencakup komponen pesawat yang gagal. MRO A belum memiliki metode yang pasti untuk menganalisis data kegagalan, hal ini dapat dilihat dari berbagai model yang digunakan yaitu distribusi eksponensial satu dan dua parameter, distribusi Weibull dua dan tiga, distribusi normal dan distribusi lognormal. MRO A bisa mendapatkan keuntungan dari mempelajari metode estimasi karena dapat digunakan untuk tujuan reliabilitas di masa mendatang. Untuk menyimpulkan, dari tesis ini WPP dengan trial and error adalah metode yang lebih kuat, karena nilai ? untuk data nyata dan hipotetis memberikan nilai yang mirip dengan ? dari mode kegagalan dan juga grafik tingkat kegagalan.