ABSTRAK Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB1 Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB2 Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB3 Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB4 Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB5 Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Syauqi Hanif
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Medan magnet Bumi memiliki pengaruh pada landasan pacu bandara. Salah satu
contohnya adalah perubahan penamaan landasan pacu akibat pergeseran medan
magnet Bumi. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memiliki data landasan
pacu bandara terbaik untuk menjamin keselamatan operasi penerbangan. Tugas
akhir sarjana ini membahas tentang evaluasi terhadap database landasan pacu
dalam rangka pelaksanaan flight data monitoring demi meningkatkan keselamatan
penerbangan. Metode evaluasi yang digunakan adalah pendekatan statistik dengan
mengacu pada tiga dimensi kualitas data: kelengkapan, konsistensi, dan aktualitas.
Terdapat lebih dari 240.000 data landasan pacu yang diolah dan dievaluasi dalam
penelitian ini. Semua data tersebut diperoleh dari berbagai sumber yang tersedia
secara terbuka dengan menggunakan metode web scraping yang disesuaikan
dengan standarisasi format data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat data
landasan pacu milik database tertentu yang dinilai kurang memadai. Dengan
demikian, melalui metode evaluasi yang telah dilakukan pada penelitian ini, sangat
dianjurkan untuk melakukan pengkinian pada data landasan pacu tertentu.