COVER Kevin Horasio
PUBLIC rikrik BAB 1 Kevin Horasio
PUBLIC rikrik BAB 2 Kevin Horasio
PUBLIC rikrik BAB 3 Kevin Horasio
PUBLIC rikrik BAB 4 Kevin Horasio
PUBLIC rikrik BAB 5 Kevin Horasio
PUBLIC rikrik PUSTAKA Kevin Horasio
PUBLIC rikrik
Peningkatan jumlah penerbangan di seluruh dunia meningkat dari tahun ke tahun,
dampak pertumbuhan tersebut adalah meningkatnya jumlah pergerakan pesawat di
ruang udara. Peningkatan jumlah pergerakan pesawat memengaruhi probabilita
konflik antar pesawat, pesawat yang mengalami konflik menerapkan manuver
menghindar yang disebut dengan resolusi konflik. Penerapan resolusi konflik pada
umumnya dilakukan berdasarkan pertimbangan secara kualitatif oleh pemandu lalu
lintas udara (ATC), penerapan tersebut bertujuan untuk mencegah kehilangan
separasi antar pesawat yang dapat mengakibatkan kecelakaan.
Model deteksi dan resolusi konflik telah dilakukan sebelumnya dengan metode dan
cakupan masing-masing penelitian. Penelitian ini mengembangkan model
manajemen lalu lintas udara secara umum yang meliputi pemodelan pesawat,
pemodelan deteksi konflik, dan pemodelan resolusi konflik di titik pertemuan jalur
udara. Ketiga model tersebut diintegrasikan kedalam satu model dengan tujuan
mengetahui pengaruh dari penerapan berbagai resolusi konflik terhadap separasi
akhir setelah melewati titik temu.
Validasi dilakukan dengan memodelkan simulasi kedatangan di bandara
Internasional Soekarno-Hatta dan membandingkan dengan hasil penelitian
sebelumnya. Validasi kemudian dilakukan secara visualisasi posisi pesawat ketika
simulasi dijalankan, visualisasi bertujuan untuk mengetahui apakah posisi dan
pergerakan pesawat sudah sesuai rute yang dirancang.
Resolusi konflik diterapkan pada penelitian ini menghasilkan hasil penelitian yaitu
separasi akhir, pengaruh hasil separasi akhir akibat beberapa resolusi berkaitan
dengan jarak deteksi, variabel pesawat dan variabel resolusi. Sudut antar pertemuan
jalur udara mempengaruhi pengambilan keputusan resolusi, pengambilan
keputusan resolusi berdasarkan jarak dari titik temu terharap masing-masing
pesawat. Lama waktu penerapan resolusi menghasilkan nilai separasi yang berbeda
untuk setiap jenis resolusi.