digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Wayang adalah boneka tiruan orang yang terbuat dari pahatan kulit atau kayu yang dapat dimanfaatkan untuk memerankan tokoh dipertunjukan drama tradisional (Bali, Jawa, Sunda, dan sebagainya), biasanya dimainkan oleh seseorang yang disebut dalang. Perkembangan zaman yang semakin pesat dengan pengaruh globalisasi yang mampu menggeser budaya lokal, praktis budaya lokal semakin ditinggalkan, selain itu wayang sebagai salah satu budaya yang mulai ditinggalkan karena kurangnya inovasi yang memadukan dengan budaya modern sehingga wayang tidak memrepresentasikan anak remaja zaman sekarang. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang karakter tokoh pewayangan Ramayana yang diadaptasi dari wayang kulit purwa gagrak Yogyakarta dengan gaya visual Stilasi untuk pemanfaatan pada Virtual Reality.Prosedur penelitian atau Langkah ā€“ Langkah penelitian yang digunakan oleh penulis pada penelitian ini yaitu, Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Hasil penelitian menunjukkan perancangan World Building dengan proses adaptasi pada wayang Ramayana ini dapat disesuaikan dengan selera generasi Z yang diimplementasikan ke dalam teknologi Virtual reality sehingga dapat menjadi inovasi baru dalam usaha pelestarian budaya wayang.