digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Pada komunikasi, juru bicara memiliki peran penting dalam hubungan masyarakat dan menyampaikan pesan-pesan suatu organisasi. Selama pandemic Covid-19, lima juru bicara ditunjuk oleh pemerintah Indonesia untuk mewakili institusiinstitusi pemerintah. Agar bisa berperan secara efektif, salah aspek yang harus dipertimbangkan adalah ‘likeability’ mereka, yang terdiri dari tiga komponen: penampilan, kredibilitas, dan kecocokan. Studi ini mendalami komponen ‘likeability’ melalui ‘digital listening’, survey, dan wawancara mendalam dengan media. Digital listening’ riset ini menemukan bahwa topik-topik atau perbincangan yang disebarkan melalui juru bicara cenderung diberitakan secara positif atau netral. Lalu, survei menemukan bahwa penampilan fisik memilik porsi pengaruh yang sama, dibandingkan dengan keahlian dan kepercayaan. Dan terakhir, wawancara mendalam menelusuri peran dari juru bicara dan elemen ‘likeability’ apa yang paling penting menurut media. Dari wawancara ditemukan bahwa media lebih mementingkan keahlian dan kepercayaan dibandingkan dengan penampilan fisik. Ditambah lagi, adanya ekpektasi dari media agar juru bicara berkomitmen dalam hubungan kerja dengan media. Temuan dari riset ini akan menguntungkan juru bicara di masa depan yang akan menangani situasi yang serupa seperti pandemi Covid-19. Studi ini akan memberikan referensi dan informasi untuk mempersiapkan strategi di masa depan.