digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Ampuh Rakan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Ampuh Rakan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Ampuh Rakan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Ampuh Rakan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Ampuh Rakan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Ampuh Rakan
PUBLIC Roosalina Vanina Viyazza

Dewasa ini, bisnis menjadi lebih agresif, kompetitif, dan menuntut. Indonesia merupakan negara kepualauan dengan 270,6 juta populasi dan 16.771 pulau dengan berbagai komoditas, termasuk industry emas. PT Mineral Merdeka merupakan salah satu perusahaan pertambangan dan logam terdiversifikasi terkemuka di Indonesia dengan operasi yang terintegrasi secara vertikal. Ada beberapa pengaduan yang diajukan kepada Butik PT Mineral Merdeka – T.B. Simatupang di berbagai channel, seperti review Google, e-commerce, dan pengaduan langsung ke butik. Sebagian besar pelanggan mengadukan perihal antrian Panjang, pelindung produk, penjualan emas Kembali, dan masalah dokumen identitas. Untuk menganalisa dan meneliti hal tersebut, metodologi penelitian kualitatif dilakukan pada penelitian ini untuk memperoleh pemahaman lebih baik terhadap situasi terkini di PT Mineral Merdeka dan memperoleh berbagai persona untuk memvalidasi dan mencapai keragaman informasi yang dibutuhkan. Analisa eksternal dan internal digunakan untuk memperoleh pemahaman lebih baik terhadap situasi bisnis. PESTLE dan Porter’s Five Forces digunakan sebagai analisis eksternal serta Marketing Mix 4P, STP, dan BMC digunakan sebagai analisis internal. Kemudian, analisis SWOT digunakan setelah memperoleh informasi terkait lingkungan bisnis dan strategi dirumuskan dengan menggunakan Value Proposition Canvas dan pemetaan perjalanan pelanggan dan menghasilkan rumusan peta perjalanan pelanggan baru. Ada beberapa ide dan peluang yang dapat diterapkan untuk meningkatkan perjalanan pelanggan, seperti: promosi dan komunikasi, produk dan informasi, pengalaman butik, pembayaran dan biaya, dan sistem pendukung.