Penggunaan media sosial di seluruh dunia semakin selaras dengan isu yang sangat penting bagi industri pemasaran. Hal ini memperkuat alasan perusahaan memfokuskan strategi pemasarannya pada media sosial sebagai saluran tambahan. Munculnya media sosial dan perubahan perilaku konsumen telah mengubah pendekatan pemasaran tradisional menjadi strategi modern (Pemasaran 4.0), yang menekankan perlunya memprioritaskan saluran online untuk promosi. Pemasaran influencer, khususnya, menawarkan potensi signifikan untuk dieksplorasi oleh perusahaan. Dengan semakin mudahnya berbagi opini mengenai produk dan layanan di media sosial, influencer berperan penting dalam memberikan rekomendasi. Saat ini, tidak hanya selebritis tetapi juga individu biasa yang dapat dianggap sebagai influencer dalam lingkaran sosial mereka sendiri. Pergeseran ini menggarisbawahi pentingnya bagi perusahaan untuk mengevaluasi strategi pemasaran mereka secara hati-hati, khususnya dalam meningkatkan pengaruh dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk atau layanan mereka.
PT XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang analisis data yang menawarkan Sistem Manajemen Kampanye sebagai produk layanan yang melengkapi ekosistem produknya. Sebagai perusahaan yang berfokus pada analisis data, PT XYZ memiliki posisi yang baik untuk memberikan solusi bagi bisnis yang mencari untuk meningkatkan strategi pemasaran influencer mereka. Sistem Manajemen Kampanye dapat membantu perusahaan untuk memantau kampanye pemasaran yang dilakukan oleh karyawan internal perusahaan sebagai influencernya. Secara khusus, sistem manajemen kampanyenya memungkinkan merek memanfaatkan karyawan internal perusahaan sebagai yang pemberi pengaruh untuk bekerja lebih efektif dan mengoptimalkan hasil melalui wawasan berbasis data. Namun, kondisi sekarang analisis mengungkapkan bahwa adanya ketidakkonsistenan tingkat adopsi platform pada penggunaan campaign management system dan tidak mencapai parameter minimal yang klien harapkan. Pengembangan fitur yang memfokuskan pada kebutuhan terbaru klien butuh dilakukan dengan mendapatkan insight terlebih dahulu kepada pengguna saat ini.
Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan melakukan analisis faktor eksternal dan juga menggali kebutuhan pengguna platform dengan melakukan wawancara langsung kepada pemangku kepentingan terkait. Dari wawancara tersebut, terjelaskan bagaimana influencer memandang dan berinteraksi dengan sistem manajemen kampanye serta dapat disimpulkan apa saja fitur yang dianggap penting dan juga menangkap kebutuhan pelanggan yang belum terpenuhi dengan menggunakan pertanyaan terbuka
Ditemukan bahwa tingkat adopsi platform berkaitan erat dengan faktor-faktor yang membuat pengguna bertahan dan berkelanjutan menggunakan platform. Hal tersebut akan membuat produk akan memiliki tingkat adopsi platform yang baik serta menjadi produk yang berkelanjutan serta kompetitif dalam industri. Tingkat kelekatan dapat dibangun dengan memfasilitasi fitur-fitur. Memperbaiki platform dengan menyempurnakan fitur-fitur yang ada dan mengembangkan fitur-fitur baru yang fokus pada pencapaian tujuan di atas, kemungkinan dapat meningkatkan tingkat adopsi yang diperlukan untuk PT XYZ dan meningkatkan kinerja platform secara signifikan.