digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Mitra Angkasa Raya merupakan sebuah perusahaan ekspedisi B2B khususnya pengiriman jalur udara. Dibentuk pada tahun 2019 dan bekerjasama dengan Garuda Indonesia sebagai maskapai pengiriman utama bagi perusahaan ini. Bisnis logistik merupakan salah satu jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan pengiriman barang dari satu tempat menuju tempat lainnya untuk memenuhi kebutuhan suatu daerah. Oleh karena itu bisnis logistik merupakan bisnis yang cukup menguntungkan di Indonesia, karena pasar yang tidak pernah habis dan selalu bertambah seiring bertumbuhnya populasi di negara ini. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan dengan dibantu oleh beberapa analisis. Analisis tersebut bertujuan untuk mempermudah penulis dalam mencari akar permasalahan.. Penulis menggunakan analisis eksternal seperti; PEST, Porter 5’s Forces, Analisis Pesaing, dan analisis internal seperti; Analisis Sumber Daya dan Aktivitas Rantai Nilai, serta Analisis STP, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT, Analisis TOWS, dan diakhiri oleh Analisis “Fishbone” dengan tujuan untuk mencari penyebab dari permasalahan utama perusahaan yaitu keterlaMBA.tan pengiriman. Hingga saat ini pelanggan PT. Mitra Angkasa Raya merupakan pelanggan lama yang telah bekerjasama dengan perusahaan, sehingga PT. Mitra Angkasa Raya harus dapat meningkatkan penjualan dengan bekerjasama dengan lebih banyak perusahaan serta memperbesar kapasitas perusahaan agar dapat melayani lebih banyak pelanggan. Strategi pemasaran dan strategi bisnis yang telah diusulkan oleh penulis dapat menjadi alat bantu untuk perusahaan agar dapat menerapkannya kedalam lingkup bisnis perusahaan sendiri, dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan serta loyalitas dari pelanggan kepada PT. Mitra Angkasa Raya.