digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Richard Yan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan

PT X merupakan sebuah UMKM yang menjual produk berupa buah dan sayur kepada masyarakat. Saat ini, PT X sedang mengalami masalah berupa rendahnya retention rate pelanggan. Pelanggan yang sudah mencoba layanan dari PT X cenderung berhenti untuk menggunakan kembali layanan PT X. Berdasarkan metode 5 whys, peneliti menyimpulkan akar permasalahan dari masalah tersebut. Akar dari permasalahan PT X adalah belum dilakukannya manajemen stakeholder. Akar masalah tersebut menjadi acuan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, “Bagaimana penerapan manajemen stakeholder berbasis risiko dalam PT X?”. Dalam menjawab rumusan masalah, peneliti menggunakan model manajemen stakeholder berbasis risiko yang terdiri dari proses identifikasi tujuan strategis perusahaan, proses bisnis, stakeholder, dan risiko; proses penilaian dan perhitungan nilai atribut stakeholder, risiko, risk manageability, dan stakeholder-risk significance; serta penentuan prioritas stakeholder dan risiko. Kemudian, rancangan strategi pengelolaan stakeholder dilakukan untuk stakeholder dan risiko yang sudah diprioritaskan. Hasil prioritas stakeholder menunjukkan bahwa PT X memiliki empat stakeholder yang paling penting untuk dikelola, yaitu karyawan, pelanggan, kompetitor, dan partner. Rancangan strategi yang sesuai dengan karyawan berupa pengembangan metode riset pasar perusahaan, perancangan SOP yang lebih jelas dan pelatihannya, pengembangan prosedur penanganan pelanggan, dan pengembangan sistem dokumentasi atau reporting. Kemudian, rancangan strategi pengelolaan untuk pelanggan berupa pengumpulan feedback tentang prosedur pelayanan pelanggan, pengembangan metode peramalan demand, dan pengembangan metode riset pasar perusahaan. Rancangan strategi untuk kompetitor berupa monitoring terhadap perubahan harga kompetitor. Rancangan strategi untuk partner berupa pengembangan pemilihan dan mekanisme kerja sama dengan supplier, pengembangan mekanisme kerja sama dengan partner, dan pengembangan sistem pelatihan mitra delivery