COVER Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 1 Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 2 Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 3 Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 4 Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 5 Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB 6 Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Karin Adriana Widyanti
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  rikrik
» Gedung UPT Perpustakaan
konsumen dapat dimodelkan dengan menggunakan model Kano untuk
mengevaluasi performa perusahaan. Namun, model Kano konvensional
membutuhkan input berupa kuesioner Kano yang menggunakan sumber daya yang
ekstensif dalam segi waktu, biaya, dan tenaga manusia untuk mengumpulkan dan
mengolah kuesioner tersebut, sehingga perlu dicari alternatif input lain yang salah
satunya adalah dengan menggunakan online review yang tersedia secara publik di
internet. Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang kerap kali
menggunakan online review untuk mengevaluasi performa dari hotel. Namun,
pihak hotel menghadapi tantangan dalam mengolah online review dikarenakan
kemampuannya yang terbatas dalam mengolah online review secara manual.
Penelitian ini bertujuan menyelesaikan permasalahan tersebut dengan
memanfaatkan online review sebagai input dalam model Kano sehingga dapat
diolah secara otomatis dan pihak hotel dapat mengevaluasi performa fitur yang
dimiliki hotel.
Langkah pengolahan online review pada penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap
utama yaitu tahap ekstraksi fitur dan analisis sentimen dengan menggunakan model
analisis sentimen berbasis aspek, tahap pengukuran efek sentimen konsumen
terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan model neural network, dan
tahap identifikasi kategori Kano dengan menggunakan effect-based Kano model
(EKM). Sebagai contoh kasus, pada penelitian ini diambil data 6.037 online review
hotel bintang 3 di area Bandung dari situs pegipegi.com. Tahap ekstraksi fitur dan
analisis sentimen menghasilkan daftar 18 fitur beserta dengan sentimennya. Fitur
tersebut adalah AC, fasilitas kamar, fasilitas kamar mandi, fasilitas umum, harga,
kamar mandi, kamar tidur, kasur, kebersihan, kenyamanan, kolam renang, lokasi,
makanan & restoran, resepsionis, staf security, staf umum, tempat parkir, dan WiFi.
Selanjutnya, dilakukan perhitungan bobot sentimen positif (WiPos) dan sentimen
negatif (WiNeg) dari setiap fitur yang akan menjadi input untuk membuat effectbased
Kano model (EKM). Hasil akhir dari penelitian ini adalah EKM dari fitur
dimana terdapat satu fitur yang memiliki kategori Kano must-be yaitu fitur fasilitas
kamar mandi dan 17 fitur lainnya memiliki kategori Kano performance. Tidak
terdapat fitur yang memiliki kategori Kano excitement. Penelitian ini diharapkan
dapat membantu pihak hotel dalam mengolah online review secara otomatis
sehingga pihak manajemen hotel dapat mengidentifikasi fitur yang perlu diperbaiki
atau ditingkatkan dan memprioritaskan perbaikan atau peningkatan tersebut.
Penelitian diakhiri dengan saran untuk pihak manajemen hotel yang ingin
mengimplementasikan tahap pengolahan online review yang telah dirancang pada
penelitian ini.