digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang juga termasuk negara terbesar ke-14 dengan luas wilayah 1.904.569 kilometer persegi, dan juga merupakan negara terpadat ke-4 di dunia dengan total populasi 276.362.783 orang pada tahun 2021, dengan tingkat pertumbuhan populasi 1,1% per tahun. Seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk, permintaan akan properti residensial juga ikut meningkat dimana hal tersebut memberikan peluang bagi sektor industri konstruksi dan industri pendukungnya untuk dapat berkembang. Rensa Wallpaper didirikan pada tahun 2012 di Bandung, dan telah berkembang secara signifikan selama delapan tahun terakhir, memulai bisnis dari satu toko kecil dengan lokasi yang sangat strategis, menjadi pemasok wallpaper terbesar di Indonesia yang memiliki lebih dari 55 toko cabang se-Indonesia. Namun, sangat disayangkan pertumbuhan penjualan Rensa Wallpaper di wilayah Bandung bisa dibilang stagnan selama setahun terakhir, walaupun kegiatan perusahaan masih menguntungkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami situasi yang dihadapi oleh Rensa Wallpaper baik secara internal dan eksternal, serta untuk mencari alternatif usulan rencana untuk menghadapi stagnasi dari tingkat pendapatan dan mendongkrak penjualan Rensa Wallpaper. Analisis eksternal dilakukan dengan menggunakan analisis PESTEL, Porter’s Five Forces, Competitive Analysis dan Customer Analysis, sedangkan untuk analisis internal menggunakan metode VRIO, STP, Marketing Mix 7P’s dan wawancara internal dengan Direktur/pemilik perusahaan dan Manajer Umum. Data yang terkumpul kemudian diproses dan dipadukan dengan menggunakan analisis SWOT dan TOWS matriks untuk menemukan beberapa alternatif strategi bisnis dan pemasaran terbaik yang dapat diterapkan oleh Wallpaper Rensa sebagai rekomendasi rencana untuk meningkatkan kinerja perusahaan.