digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Dwi Anggun Bissabri
PUBLIC Dwi Ary Fuziastuti

Studi telah menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang buruk dalam konseptualisasi perkalian dan pembagian pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti dampak pemanfaatan GeoGebra dalam meningkatkan pemahaman siswa SMP kelas 7 terhadap konsep operasi perkalian dan pembagian pecahan. Metode pembelaran visual dengan GeoGebra digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 7 tentang konsep perkalian dan pembagian pecahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran perkalian dan pembagian pecahan dan siswa menjadi lebih paham dan mampu menyampaikan pemahaman terkait permasalahan dan proses penyelesaiannya. Temuan ini menggambarkan bahwa siswa menggunakan GeoGebra daripada dengan metode pembelajaran tradisional. Implikasi ini berguna dalam mengusulkan cara alternatif belajar mengajar pecahan serta membantu siswa dalam memvisualisasikan pecahan menggunakan GeoGebra.