Keberadaan laboratorium dalam pembelajaran fisika sangat penting. Namun
kenyataannya tidak semua sekolah memiliki alat praktikum yang memadai.
Sehingga diperlukan alternatif media pembelajaran yang dapat memfasilitasi
kegiatan praktikum. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu dengan
mengembangkan media pembelajaran berupa laboratorium virtual. Laboratorium
virtual yang dikembangkan hendaknya dapat memfasilitasi kegiatan praktikum
seperti halnya praktikum di laboratorium fisik. Siswa difasilitasi untuk melakukan
kegiatan mengamati, mengumpulkan data, mengolah data, menganalisis data dan
membuat kesimpulan dari praktikum yang telah dilakukan. Oleh karena itu tujuan
utama dari penelitian ini adalah mengembangkan laboratorium virtual yang dapat
membantu siswa melakukan kegiatan praktikum secara virtual sehingga dapat
meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep yang dipelajarinya.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan
model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang
menghasilkan produk berupa website laboratorium virtual. Melalui analisis
kurikulum di SMA diperoleh informasi bahwa salah satu materi yang
membutuhkan kegiatan praktikum yaitu gerak harmonik sederhana. Perangkat
lunak GeoGebra diprediksi cocok untuk mengkonstruksi laboratorium virtual gerak
harmonik sederhana sebab GeoGebra menyediakan alat visualisasi yang kuat untuk
menggambarkan grafik dan simulasi objek secara presisi. Selanjutnya untuk
memudahkan akses pengguna, aplikasi laboratorium virtual ditanam ke dalam
sebuah website yang dibangun menggunakan akun belajar id (Google Sites).
Hasil validasi produk laboratorium virtual menunjukkan bahwa rata-rata penilaian
ahli materi sebesar 3,9 (kriteria sangat baik) dan rata-rata penilaian ahli media
sebesar 3,8 (kriteria sangat baik). Sedangkan hasil analisis tanggapan menunjukkan
bahwa siswa dan guru “sangat mendukung” pengembangan laboratorium virtual.
Oleh karena itu, berdasarkan validasi ahli media, ahli materi juga tanggapan guru
dan siswa maka laboratorium virtual layak digunakan sebagai media pembelajaran
praktikum pada materi gerak harmonik sederhana.