COVER Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti BAB 1 Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti BAB 2 Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti BAB 3 Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti BAB 4 Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti BAB 5 Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti PUSTAKA Woro Isti Rahayu
PUBLIC Alice Diniarti LAMPIRAN WORO ISTI RAHAYU
PUBLIC 
Pendidikan adalah usaha sadar dan sistemastis, yang dilakukan orang-orang yang
diserahi tanggung jawab untuk mempengaruhi peserta didik agar mempunyai sifat
dan tabiat sesuai dengan cita-cita pendidikan. Prestasi belajar siswa di sekolah sering
diindikasikan dengan permasalahan belajar dari siswa tersebut dalam memahami
materi. Indikasi ini dimungkinkan karena faktor belajar siswa yang kurang efektif,
bahkan siswa sendiri tidak merasa termotivasi di dalam mengikuti pembelajaran di
kelas. Sehingga menyebabkan siswa kurang atau bahkan tidak memahami materi
yang bersifat sukar yang di berikan oleh guru tersebut. Untuk mengantisipasi hal ini
maka penggunaan media pembelajaran yang berbasis teknologi multimedia yang
menarik dan juga menyenangkan dapat dijadikan sebagai suatu alternatif pilihan.
Salah satu media pembelajaran yang berbasis teknologi multimedia yang menarik
dan juga menyenangkan saat ini adalah komputer game.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain sistem pembelajaran interactive elearning
Sekolah Menengah Pertama pembelajaran Matematika, khususnya
pembelajaran bilangan, mengimplementasikan sistem pembelajaran yang interaktif
menggunakan game.
Penelitian ini dilakukan proses pengembangan mulai dari tahap analisis kebutuhan,
perancangan, implementasi sampai dengan pengujian terhadap sebuah komputer
game sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran matematika.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil
belajar siswa yang menggunakan komputer game. Responden setuju bahwa kegiatan
pembelajaran lebih menarik jika menggunakan game. Berdasarkan hasil pengujian
tersebut, maka aplikasi ini dapat menjadi alternatif media dalam menunjang kegiatan
pembelajaran.