digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2011 SK PP Imam Firdaus - Cover.pdf)u
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Abstract.pdf)u
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa


2011 SK PP Imam Firdaus - Chapter 1.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Chapter 2.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Chapter 3.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Chapter 4.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Chapter 5.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Reference.pdf?
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

2011 SK PP Imam Firdaus - Appendix.pdf)u
PUBLIC Abdul Aziz Ariarasa

“Aqua” adalah perusahaan air minum yang sudah berdiri sejak 1973, dan di tahun 2001, Danone membeli perusahaan tersebut. “Aqua” yang memiliki pangsa pasar terbanyak di sektor air minum kemasan di Indonesia, selalu berusaha menyediakan air minum berkualitas terbaik untuk kesehatan keluarga di Indonesia. Di tahun 2011, “Aqua” membuat kampanye baru yang bertajuk “It’s in Me”. Di dalam kampanye tersebut, “Aqua” berusaha untuk memberikan pesan kepada pemirsa untuk menjadi individu lebih baik dan selalu berusaha menggapai setiap impian yang dimilikinya. Semuanya bisa dimulai dari hal yang paling kecil, dan paling mudah, yaitu mengkonsumsi air mineral berkualitas untuk kesehatan diri sendiri. Riset yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah kampanye yang dilakukan “Aqua” melalui televisi efektif. Peneliti menggunakan Facets model sebagai teori yang bertujuan untuk mengetahui faktor mana yang efektif dan faktor mana yang harus diperbaiki oleh “Aqua” dalam iklan-iklan berikutnya. Hasil riset menunjukkan bahwa dari enam dimensi Facets model, lima diantaranya sukses disampaikan oleh “Aqua” melalui iklan tersebut, yaitu persepsi, pengetahuan, asosiasi, persuasi, dan perilaku. “Aqua” berhasil membuat iklan yang bagus secara konsep dan menarik di mata para pemirsa. Iklan ini juga memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pemirsa mengenai gaya hidup yang sehat dan kesehatan. Hal tersebut jarang dilihat di iklan produk air minum kemasan merek lain.. Dari enam dimensi, satu dimensi dianggap gagal yaitu dimensi emosi. “Aqua” tidak dapat menciptakan ikatan emosi antara produk dan merek “Aqua” kepada para pemirsa melalui iklan tersebut. “Aqua” juga tidak memberikan informasi apapun mengenai produk “Aqua” sendiri. Peneliti memberikan masukan bahwa “Aqua” sebaiknya menyisipkan informasi mengenai produk, tidak hanya kampanye saja dalam iklan yang akan ditayangkan. “Aqua” juga sebaiknya mempromosikan lebih gencar mengenai website yang dimilikinya untuk membuat kampanye tersebut semakin sukses dan memberikan ikatan emosi kepada para pemirsa.