Pada tahun 2022, ITB mulai mengadakan pembelajaran bauran, mahasiswa yang
belajar secara luring diminta membawa smartphone untuk meningkatkan interaktivitas
perkuliahan dan meningkatkan pemahaman materi. Namun, permasalahan yang
dihadapi adalah belum tersedia media untuk meningkatkan interaktivitas pada kegiatan
belajar mengajar di ITB. Oleh karena itu, tugas akhir ini merancang interaksi aplikasi
Edunex untuk mahasiswa pada platform mobile native berupa high-fidelity prototype
yang siap diimplementasi oleh pengembang. Berdasarkan wawancara dengan
Direktorat Pengembangan Pendidikan ITB, fitur yang perlu dirancang adalah fitur
Classroom Response System yang digunakan untuk voting, ujian atau kuis, akses
course, presensi, pesan, dan notifikasi. Proses perancangan dilakukan dengan
pendekatan user-centered design. Pada awal proses, dilakukan wawancara terhadap
pengguna untuk mengetahui kebutuhan mereka. Kemudian, didefinisikan daftar
kebutuhan serta user experience dan usability goals yang menjadi fokus pengerjaan
tugas akhir, yaitu effective to use, easy to learn, helpful, dan satisfying. Selanjutnya,
dibuat rancangan medium-fidelity prototype dan dievaluasi dengan moderated usability
testing ke 5 orang pengguna. Hasil evaluasi diperbaiki dan dibuat rancangan high-
fidelity prototype. Rancangan high-fidelity prototype dievaluasi dengan cara
unmoderated usability testing kepada 20 orang pengguna. Hasil rancangan akhir
berhasil mencapai 95,6% completion rate, 5,906 rata-rata nilai SEQ, 5,55 rata-rata nilai
IMI subskala value/usefulness, dan 74,25 rata-rata nilai SUS.