Garden Bakery merupakan salah satu toko roti artisan yang terkenal karena rasa dan kesegaran rotinya dengan beberapa produk yang dijual, yaitu Yinyang, Special Daily Loaf (SPC DL), Healthy Mixed Berries (HMB), Healthy and Wheat Seeds (HWS), Eclipse Bread, dan Healthy Buns (HB).
Berdasarkan data, hingga Januari 2022, Garden Bakery menghentikan pengiriman produk ke 68 toko ritel dari 191 toko ritel yang ada karena penurunan penjualan yang berdampak pada banyaknya produk roti yang tidak terjual. Produk tersebut tergolong roti yang masih layak konsumsi karena penarikan roti dari toko ritel dilakukan sebelum 3 hari waktu kedaluwarsa. Namun, sampai saat ini belum ada pemanfaatan produk roti yang tidak terjual oleh Garden Bakery dengan kapasitas produksi yang masih tersedia sebanyak 40%. Cara untuk memaksimalkan kapasitas produksi adalah memanfaatkan produk roti yang tidak terjual menjadi produk baru dengan nilai jual yang lebih tinggi atau upcycle produk.
Metode yang digunakan untuk melakukan upcycle produk adalah pengembangan produk dengan beberapa fase, yaitu planning, concept development, dan system-level design. Fase planning terdiri dari penentuan tipe pengembangan produk, identifikasi peluang pasar, dan mission statement. Fase concept development terdiri dari identifikasi kebutuhan konsumen, penentuan spesifikasi produk, concept generation, concept selection, dan concept testing. Fase system-level design merupakan penentuan spesifikasi produk akhir.
Upcycle produk dilakukan dalam memenuhi kebutuhan target pasar dengan karakteristik perempuan usia 25 – 34 tahun dan 55 – 64 tahun dengan pengeluaran bulanan Rp 1,000,000.00 0 Rp 5,000,000.00 dan mengonsumsi roti untuk sarapan dengan pertimbangan kualitas dan waktu kedaluwarsa dalam membeli roti. Berdasarkan karakteristik tersebut didapatkan lead users untuk wawancara sebagai kunci dalam pemilihan produk dan dipilih garlic butter toast bread sebagai produk hasil upcycle dari roti Garden Bakery yang tidak terjual.