Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana konstruksi
pemaknaan tampilan desain karakter sosok ibu pada orang tua baru pengikut akun
edukasi parenting di Instagram. Khususnya konstruksi makna yang terbentuk pada
pola pengasuhan. Perkembangan dalam ranah edukasi parenting telah terjadi
karena para orang tua muda saat ini memiliki lebih banyak akses informasi
pengasuhan dari media baru. Sebagai media berbagi konten visual, tampilan dalam
konten Instagram menjadi aspek penting yang harus diperhatikan karena
memengaruhi dan membangkitkan hasrat audiens. Peran desain karakter sendiri
memiliki peran dalam penyampaian komunikasi pada konten yang dibagikan.
Pemaknaan desain karakter di akun edukasi parenting dilakukan untuk mengetahui
bagaimana konstruksi makna yang terbentuk di kalangan orang tua baru.
Pembelajaran dalam ranah edukasi parenting menjadi penting karena berkaitan
dengan pola pengasuhan yang terbentuk di Indonesia, dan hal ini akan
memengaruhi kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggali secara lebih dalam
mengenai pemaknaan dan pengalaman para orang tua baru terhadap desain karakter
visual sosok ibu dalam pola pengasuhan anak.