digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana konstruksi pemaknaan tampilan desain karakter sosok ibu pada orang tua baru pengikut akun edukasi parenting di Instagram. Khususnya konstruksi makna yang terbentuk pada pola pengasuhan. Perkembangan dalam ranah edukasi parenting telah terjadi karena para orang tua muda saat ini memiliki lebih banyak akses informasi pengasuhan dari media baru. Sebagai media berbagi konten visual, tampilan dalam konten Instagram menjadi aspek penting yang harus diperhatikan karena memengaruhi dan membangkitkan hasrat audiens. Peran desain karakter sendiri memiliki peran dalam penyampaian komunikasi pada konten yang dibagikan. Pemaknaan desain karakter di akun edukasi parenting dilakukan untuk mengetahui bagaimana konstruksi makna yang terbentuk di kalangan orang tua baru. Pembelajaran dalam ranah edukasi parenting menjadi penting karena berkaitan dengan pola pengasuhan yang terbentuk di Indonesia, dan hal ini akan memengaruhi kualitas sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggali secara lebih dalam mengenai pemaknaan dan pengalaman para orang tua baru terhadap desain karakter visual sosok ibu dalam pola pengasuhan anak.