digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800


COVER - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Tommy Wiranata
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Roller rig merupakan alat uji respon dinamik kereta yang akan dibuat oleh BPPT, PT INKA, dan ITB di bawah skema riset nasional berjudul Pengembangan Kereta Cepat Sebagai Alat Transportasi Massal. Pada riset tersebut, roller rig skala 100 % dirancang dengan sistem penggerak motor AC induksi tiga fasa. Jenis motor ini digunakan untuk menggerakkan roller rig agar dapat memperagakan berbagai kondisi lintasan kereta. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan suatu sistem kendali kecepatan putar motor AC induksi tiga fasa yang mampu mengikuti profil kondisi kerja kereta. Tugas akhir ini dilakukan sebagai langkah awal untuk membuat sistem kendali kecepatan pada roller rig. Dalam penelitian ini, sistem kendali kecepatan putar motor AC induksi tiga fasa akan dibuat melalui beberapa tahapan, yaitu perancangan sistem kendali, manufaktur alat uji, dan pengujian serta peningkatan kinerja sistem kendali. Sistem kendali diuji dengan menggunakan dua buah variasi profil kecepatan dan dua buah variasi target kecepatan. Setelah itu, dilakukan identifikasi dan upaya perbaikan karakteristik dinamik untuk mendapatkan respon sistem kendali yang sesuai dengan profil kecepatan dan percepatan roller rig. Upaya perbaikan dilakukan dengan menggunakan strategi kendali PID. Dalam penelitian ini berhasil dibangun sistem kendali kecepatan putar motor AC. Dari proses identifikasi sistem kendali jerat terbuka, diperoleh karakteristik dinamik sistem berupa settling time sebesar 31,68 detik, kesalahan tunak pada percepatan sebesar 10 %, dan kesalahan tunak sebesar 2,5_%. Setelah strategi kendali PID yang paling optimal diterapkan, karakteristik dinamik sistem berubah menjadi settling time sebesar 33,24 detik, kesalahan tunak percepatan sebesar 3 %, dan kesalahan tunak sebesar 0 %. Berdasarkan capaian ini, sistem kendali kecepatan putar motor AC induksi tiga fasa berpotensi menjadi alternatif sistem kendali kecepatan pada roller rig.