COVER - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Tommy Wiranata
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - TOMMY WIRANATA.pdf
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan
Roller rig merupakan alat uji respon dinamik kereta yang akan dibuat oleh BPPT, PT
INKA, dan ITB di bawah skema riset nasional berjudul Pengembangan Kereta Cepat
Sebagai Alat Transportasi Massal. Pada riset tersebut, roller rig skala 100 % dirancang
dengan sistem penggerak motor AC induksi tiga fasa. Jenis motor ini digunakan untuk
menggerakkan roller rig agar dapat memperagakan berbagai kondisi lintasan kereta. Untuk
mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan suatu sistem kendali kecepatan putar motor AC
induksi tiga fasa yang mampu mengikuti profil kondisi kerja kereta. Tugas akhir ini
dilakukan sebagai langkah awal untuk membuat sistem kendali kecepatan pada roller rig.
Dalam penelitian ini, sistem kendali kecepatan putar motor AC induksi tiga fasa akan
dibuat melalui beberapa tahapan, yaitu perancangan sistem kendali, manufaktur alat uji,
dan pengujian serta peningkatan kinerja sistem kendali. Sistem kendali diuji dengan
menggunakan dua buah variasi profil kecepatan dan dua buah variasi target kecepatan.
Setelah itu, dilakukan identifikasi dan upaya perbaikan karakteristik dinamik untuk
mendapatkan respon sistem kendali yang sesuai dengan profil kecepatan dan percepatan
roller rig. Upaya perbaikan dilakukan dengan menggunakan strategi kendali PID.
Dalam penelitian ini berhasil dibangun sistem kendali kecepatan putar motor AC. Dari
proses identifikasi sistem kendali jerat terbuka, diperoleh karakteristik dinamik sistem
berupa settling time sebesar 31,68 detik, kesalahan tunak pada percepatan sebesar 10 %,
dan kesalahan tunak sebesar 2,5_%. Setelah strategi kendali PID yang paling optimal
diterapkan, karakteristik dinamik sistem berubah menjadi settling time sebesar 33,24 detik,
kesalahan tunak percepatan sebesar 3 %, dan kesalahan tunak sebesar 0 %. Berdasarkan
capaian ini, sistem kendali kecepatan putar motor AC induksi tiga fasa berpotensi menjadi
alternatif sistem kendali kecepatan pada roller rig.