ABSTRAK Muhammad Fadhil Kusuma P S
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
COVER - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB I - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB II - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB III - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB IV - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB V - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
BAB VI - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
PUSTAKA Muhammad Fadhil Kusuma P S
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
LAMPIRAN - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan
Rekrutmen sumber daya manusia merupakan salah satu masalah utama yang
dihadapi perusahaan. Terdapat perbedaan produktivitas yang cukup signifikan
antara pekerja rata-rata dan pekerja berkinerja tinggi, ditunjukkan oleh temuan
beberapa studi. Berbagai saluran, salah satunya media sosial kini dimanfaatkan oleh
perusahaan dalam upaya pembangunan awareness kepada calon pekerja berkinerja
tinggi melalui pembentukan employer branding. Penggunaan media sosial untuk
rekrutmen juga diadopsi oleh PT X, perusahaan yang memproduksi dan
mendistribusikan sepeda motor di Indonesia. Terdapat isu rekrutmen yang sedang
dihadapi PT X saat ini, yaitu rendahnya pendaftar lowongan pekerjaan yang
memenuhi kriteria. Kriteria yang diinginkan PT X adalah lulusan/calon lulusan
sarjana pada tahun 2021, 2022, dan 2023. Mengetahui salah satu perilaku calon
pekerja yang ditargetkan PT X adalah penggunaan media sosial secara rutin, maka
peningkatan strategi rekrutmen dengan media sosial dijadikan fokus oleh PT X.
Identifikasi variabel kunci pendorong intensi pendaftaran pekerjaan dan intensi
word-of-mouth untuk calon pekerja yang ditargetkan PT X dijadikan tujuan dalam
penelitian kali ini. Dengan tujuan tersebut, dibangun model berdasarkan penelitian
terdahulu yang membahas mengenai rekrutmen. Model tersebut kemudian
dianalisis dengan teknik partial least squares structural equation modeling (PLSSEM)
untuk mengidentifikasi pendorong utama dalam mendorong intensi
pendaftaran pekerjaan dan intensi word-of-mouth.
Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini yaitu firm attractiveness, career success
expectations, perceived corporate ability, perceived corporate social
responsibility, development value, value of cooperation, dan positive publicity
merupakan faktor-faktor yang secara signifikan meningkatkan intensi pendaftaran
pekerjaan dan intensi word-of-mouth. Dengan menggunakan informasi tersebut,
strategi perancangan konten informasi media sosial beserta tampilan mock-up
disusun sebagai hasil untuk PT X.