digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Muhammad Fadhil Kusuma P S
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB I - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB II - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB III - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB IV - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB V - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB VI - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

PUSTAKA Muhammad Fadhil Kusuma P S
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN - Muhammad Fadhil Kusuma Pratama Sunardi.pdf
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Rekrutmen sumber daya manusia merupakan salah satu masalah utama yang dihadapi perusahaan. Terdapat perbedaan produktivitas yang cukup signifikan antara pekerja rata-rata dan pekerja berkinerja tinggi, ditunjukkan oleh temuan beberapa studi. Berbagai saluran, salah satunya media sosial kini dimanfaatkan oleh perusahaan dalam upaya pembangunan awareness kepada calon pekerja berkinerja tinggi melalui pembentukan employer branding. Penggunaan media sosial untuk rekrutmen juga diadopsi oleh PT X, perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan sepeda motor di Indonesia. Terdapat isu rekrutmen yang sedang dihadapi PT X saat ini, yaitu rendahnya pendaftar lowongan pekerjaan yang memenuhi kriteria. Kriteria yang diinginkan PT X adalah lulusan/calon lulusan sarjana pada tahun 2021, 2022, dan 2023. Mengetahui salah satu perilaku calon pekerja yang ditargetkan PT X adalah penggunaan media sosial secara rutin, maka peningkatan strategi rekrutmen dengan media sosial dijadikan fokus oleh PT X. Identifikasi variabel kunci pendorong intensi pendaftaran pekerjaan dan intensi word-of-mouth untuk calon pekerja yang ditargetkan PT X dijadikan tujuan dalam penelitian kali ini. Dengan tujuan tersebut, dibangun model berdasarkan penelitian terdahulu yang membahas mengenai rekrutmen. Model tersebut kemudian dianalisis dengan teknik partial least squares structural equation modeling (PLSSEM) untuk mengidentifikasi pendorong utama dalam mendorong intensi pendaftaran pekerjaan dan intensi word-of-mouth. Hasil yang ditunjukkan dari penelitian ini yaitu firm attractiveness, career success expectations, perceived corporate ability, perceived corporate social responsibility, development value, value of cooperation, dan positive publicity merupakan faktor-faktor yang secara signifikan meningkatkan intensi pendaftaran pekerjaan dan intensi word-of-mouth. Dengan menggunakan informasi tersebut, strategi perancangan konten informasi media sosial beserta tampilan mock-up disusun sebagai hasil untuk PT X.